Margonda Diwacanakan Steril dari Angkot

Senin, 09 Juni 2014 - 17:22 WIB
Margonda Diwacanakan...
Margonda Diwacanakan Steril dari Angkot
A A A
DEPOK - Buntut kemacetan di Jalan Margonda, Depok, membuat angkutan kota (angkot) diwacanakan akan disterilkan dari pusat perekonomian kota tersebut. Tetapi, harus dibuat rute baru untuk angkot yang beroperasi di wilayah tersebut.

Pakar Transportasi dari Universitas Indonesia (UI) Mohammed Ali Berawi mengatakan, jika Margonda bisa steril dari angkutan kota (angkot) maka kemacetan bisa berkurang. Tetapi harus dibuat trayek simpul baru untuk mengantar penumpang ke feeder bus.

"Ada pengalihan rute. Jadi penumpang yang naik angkot hanya diantar ke simpul feeder saja. Dengan demikian, angkot tidak masuk ke Jalan Margonda. Ini tentunya langsung mengurangi jumlah kendaraan yang melintas di Margonda," kata Ali di Depok, Senin (9/6/2014).

Maka itu, kata Ali, pemerintah harus membangun konsep transportasi publik baru yang ramah. Pemerintah harus menyediakan pula sarana pendukung lainnya. Seperti fasilitas park and ride serta pedestrian yang bagus. "Transportasi berbasis rel-lah yang saya rasa efektif," tukasnya.

Namun yang harus diselesaikan pemerintah kota terlebih dahulu adalah dengan membuat tata ruang yang sesuai dengan perkembangan Kota Depok saat ini. Maraknya kendaraan sekarang, kata dia, sebagai konsekuensi logis dari berkembangnya kawasan hunian dan sentra niaga.

"Long term-nya, dengan membangun infrastruktur publik dengan basis jalan atau rel. Di Solo saja sudah bisa dilakukan. Saya rasa Depok bisa juga kok," ujarnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1817 seconds (0.1#10.140)