HUT Bogor 532, Istana Kembali Dibuka untuk Umum

Senin, 09 Juni 2014 - 11:02 WIB
HUT Bogor 532, Istana Kembali Dibuka untuk Umum
HUT Bogor 532, Istana Kembali Dibuka untuk Umum
A A A
BOGOR - Guna memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Bogor ke 532, Pemkot Bogor berencana kembali membuat kegiatan Istana Untuk Rakyat, yakni kunjungan ke Istana Bogor bagi masyarakat umum. Pasalnya, kegiatan yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat umum untuk mengunjungi Istana Bogor secara gratis dan bersama-sama ini sudah menjadi agenda rutin.

Sebab, jika hari biasa masyarakat hanya dapat melihat istana ini dari kejauhan dengan pemandangan lapangan rumput dan ribuan rusa di Jalan Ir H Juanda.

"Ya, rencana Istana Open akan kembali dibuka selama lima hari, dimulai dari tanggal 9 Juni sampai 15 Juni," kata Ketua Panitia HJB Ke-532 Kota Bogor Edgar Suratman kepada wartawan di Bogor, Senin (9/6/2014).

Selain Istana Bogor Open, Edgar melanjutkan, serangkaian kegiatan HUT Bogor Ke-532 digelar selama sebulan penuh, mulai tanggal 26 Mei 2014 sampai 26 Juni 2014 di isi dengan berbagai acara.

Seperti, pagelaran wayang golek, mencuci Tugu Kujang dan Ziarah ke makam sesepuh Bogor, serta Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kota Bogor. Menurutnya, penyelenggaraan HUT Bogor disesuaikan dengan kemampuan wilayah dengan mengandalkan swadaya masyarakat, seperti adanya kegiatan kreasi seni dan budaya dari berbagai tokoh masyarakat.

"Oleh karena itu kami meminta masyarakat turut memeriahkan peringatan HJB ke-532 di tingkat Kota Bogor yang mengambil tema Raksa Kabisa, yang merupakan istilah khas sunda yang berarti arti Menjaga Kemampuan, dan jika di implementasikan maknanya menjaga keindahan dan saling berbagi," tegasnya

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Pemkot Bogor Ari Sarsono Budiraharjo menyebutkan, pendaftaran pengunjung akan mengambil tempat di halaman gadung DPRD Kota Bogor dan Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat.

Pendaftaran dibuka setiap hari sampai pada saat hari kunjungan dilangsungkan, dan saat kunjungan pendaftaran masih tetap dibuka untuk masyarakat umum. Ia yakin program yang dulu bertema Istana Open masih diminati masyarakat luas, baik warga Bogor juga dari luar Bogor bahkan mancanegara.

"Ini terbukti pada tahun-tahun sebelumnya hari pertama dibuka pendaftaran lebih dari 3.000 calon pengunjung yang sudah mendaftarkan diri untuk ikut Istana Untuk Rakyat," katanya.

Target jumlah pengunjung tahun ini sebanyak 70.000 orang. Tahun lalu jumlah kunjungan mencapai 65.000 orang. Seperti tahun-tahun sebelumnya, lanjutnya para peserta yang ikut dalam kunjungan istana harus mematuhi beberapa persyaratan khusus selama pelaksanaan kunjungan berlangsung.

"Aturan tetap tidak berubah, tidak menggunakan sandal, berpakaian rapi dan sopan serta tidak diperkenankan membawa tas, anak berusia di bawah 10 tahun tidak diperbolehkan ikut, dan tidak diperbolehkan membawa kamera," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6732 seconds (0.1#10.140)