Bus Scania memiliki standar dunia

Jum'at, 09 Mei 2014 - 23:37 WIB
Bus Scania memiliki standar dunia
Bus Scania memiliki standar dunia
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus mencari solusi agar masyarakat mau menggunakan bus. Salah satunya, harus memiliki standar dunia.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, bus Scania merupakan bus asal Swedia yang memiliki itu. Karena, bus dengan suspensi euro 6 itu dinilai bagus.

"Nah yang bagus harus standarnya loh dari pintunya, dia (bus) enggak mau tutup kalau ada tangan, kalau pintu enggak nutup gas enggak mau ditekan kan jelas standar dunia. Nah itu kan ada di bus (Scanbia) ini, sama juga suspensinya, tabung gasnya mesinnya euro 6," katanya di Balai Kota, Jakarta, Jumat (9/5/2014).

Maka itu, kata Ahok, untuk membuat masyarakat beralis ke bus harus melebihi standar kendaraan pribadi. Tetapi hal itu wajar, jika dilihat standarnya. Selain itu, bahan pembuatan dan daya tahan bus tersebut sudah jelas.

"Saya itu maunya ada standar tertinggi. Scania kan tertinggi nih sekarang dari harga sudah jelas, 5,8 miliar. Badan udah jelas, alumunium, usia bisa lama sampe 20 tahun kan," katanya.

Meski demikian, kata Ahok, jika ada perusahaan yang siap meniru standar Scania untuk pemecahan masalah di DKI tidak ada masalah. Tapi kalau tidak bisa, sambungnya, harga mobil itu harus lebih murah dari Scania.

"Nanti kalau ada yang mau nawarin standarnya ini. Kalau kamu gak bisa bikin standar seperti itu, boleh tapi hargamu diskon berapa. Iya dong masa iya standar dibawah ini (Scania) tapi harga sama" ujarnya.

Bus Scania, kata Ahok, ada dua jenis gandeng dan singgle. Sedangkan untuk singgle, kata dia, harganya sekira Rp2 miliar.

"Ya kita usahakan ya gandeng, tapi kan masih ada yang single yaitu hino. Kalau single hino cuma Rp1,4 sampai Rp2 miliar ya kita beli hino dong" katanya.

Menurut Ahok, jika ingin mendorong masyarakat Jakarta menggunakan bus, spesifikasi kendaraan itu juga harus bagus.

"Kan kita pingen mendorong orang yang naik mobil pribadi pindah ke transportasi umum, nah kalau mau pindahi kan harus bagus transportasi umumnya," ujarnya.

Foto terkait:
Uji coba bus gandeng Scania Euro 6
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7443 seconds (0.1#10.140)