Dikepung perkampungan, Situ Bahar Depok alami pendangkalan

Jum'at, 21 Februari 2014 - 13:56 WIB
Dikepung perkampungan,...
Dikepung perkampungan, Situ Bahar Depok alami pendangkalan
A A A
Sindonews.com - Situ Bahar yang berada di belakang Perumahan Vila Pertiwi, Kecamatan Cilodong, Depok mengalami pendangkalan dan penyempitan parah. Kondisi ini diperkirakan karena situ tersebut sudah dikepung pemukiman.

Sebelumnya, Situ Bahar memiliki luas tiga hektare, kini sudah menyusut menjadi 1,2 hektare. Untuk merefungsi situ tersebut, sejumlah personel gabungan melakukan pembersihan situ.

Camat Cilodong Marjaya mengatakan, dalam kerja bakti ini kami juga melibatkan Kodim TNI 05/08 Depok dan Polresta Depok.

"Ini pembersihan sudah kedua kali, karena mengalami pendangkalan, rumput semua dicabut," katanya di lokasi, Jumat (21/2/2014).

Marjaya mengakui sejumlah situ di Depok hilang salah satunya Situ Krukut. Karena itu selain Situ Bahar, pihaknya akan membersihkan Situ Cilodong.

"Sebelah sana ada rumah, kalau kita lihat ada bagian dari situ yang mengalami penyempitan dan hilang sama sekali, semestinya jangan melakukan kegiatan minimal 50 meter Garis Sempadan Situ," tegasnya.

Dandim 05/08 Letkol Inf Moch Zamroni mengatakan Situ Bahar sudah mengalami pendangkalan serius. Pihaknya mengerahkan 350-400 personel untuk membersihkan Situ Bahar.

"Kendalanya memang pendangkalannya serius, karena ini ada kaitannya dengan situ pengarengan, kami akan tambah daya tampung volume air, kira - kira dalamnya ditambah 1 meter," tandas Zamroni.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1765 seconds (0.1#10.140)