Alasan kenapa monorel masih juga mangkrak

Senin, 17 Februari 2014 - 16:51 WIB
Alasan kenapa monorel masih juga mangkrak
Alasan kenapa monorel masih juga mangkrak
A A A
Sindonews.com - Pasca diresmikan kelanjutan pembangunan monorel di Jakarta, hingga kini PT Jakarta Monorail belum juga melanjutkan proyek tersebut. Ternyata ada beberapa syarat yang belum dipenuhi Jakarta Monorail sehingga proyek tersebut masih mangkrak.

Deputi Tata Ruang dan Lingkungan HIdup DKI Jakarta, Sarwo Handayani membeberkan, PT Jakarta Monorail sampai kini belum menyerahkan tiga syarat wajib dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) pembangunan proyek monorel.

Ia menjelaskan, tiga dokumen penting yang hingga kini belum diserahkan ke Pemprov DKI, yakni dokumen financial crossing (pendanaan), dokumen kajian teknis, dan dokumen legal aspek.

"PKS yang satu belum difinalkan. Kedua masalah desain penataan ruang seperti depo dan stasiun monorel. Itu nanti dikoordinasikan ke Pak Sekda kemudian baru dibuat kerjasamanya. Ketiga PKS tiang yang belum dibayar," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (17/2/2014).

Ia menegaskan akan menagih tiga syarat yang belum dipenuhi itu kepada PT Jakarta Monorail pada pekan ini.

Yani menuturkan, bila surat PKS itu telah ditandatangani Gubernur DKI, PT Jakarta Monorail harus menyelesaikan pembangunan proyek monorel satu koridor dalam jangka waktu 3,5 tahun. Sedangkan dua koridor selanjutnya mesti diselesaikan selama lima tahun.

"PKSnya harus disesuaikan karena sekarang tidak ada jaminan dari pemerintah, sepenuhnya ini proyek milik swasta. Difinalkan di Pak Sekda nanti," tandasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8206 seconds (0.1#10.140)