Ini cara pelaku bongkar puluhan makam di TPU Cigaten

Jum'at, 07 Februari 2014 - 02:58 WIB
Ini cara pelaku bongkar puluhan makam di TPU Cigaten
Ini cara pelaku bongkar puluhan makam di TPU Cigaten
A A A
Sindonews.com - Rekaman video pembongkaran 93 makan di TPU Cigaten, Desa Cihuni, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang diperoleh kalangan wartawan.

Video tersebut berisi rekaman para pelaku membongkar makam-makam ini hingga memindahkannya. Rekaman ditunjukkan oleh salah seorang sumber kepada para wartawan, Kamis (6/2/2014).

Sumber yang tidak mau disebutkan namanya itu memperlihatkan rekaman lima orang lelaki berada di lokasi TPU Cigaten. Para lelaki ini membongkar gundukan tanah yang mungkin usianya juga sudah puluhan tahun bahkan ratusan.

Setelah membongkar tanah, para pelaku yang lebih dari tiga orang ini lalu mengumpulkan tulang belulang dari dalam kubur dan ditaruh di atas kain kafan putih yang telah disediakan beralaskan daun pisang.

Tulang belulang kemudian dibungkus kain kafan dan diikat kembali seperti pocong layaknya baru meninggal. Bungkusan pocong berisi tulang belulang manusia itu yang kemudian dipindahkan ke TPU Cihuni. Namun aksi yang dilakukan di siang hari ini terlihat sangat seadanya dan begitu terburu-buru.

Setidaknya ada 93 makam yang dibongkar pelaku yang mengaku disuruh 14 ahli warisnya. Para pelaku D, I, dan S hingga saat ini berstatus saksi.

Tautan lain:
Tertangkap basah, 3 pembokar makam jadi saksi
Relokasi makam di Cihuni dilakukan pekan lalu
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5122 seconds (0.1#10.140)