BKTB bidik warga perumahan elit

Selasa, 04 Februari 2014 - 12:39 WIB
BKTB bidik warga perumahan elit
BKTB bidik warga perumahan elit
A A A
Sindonews.com - Wakil Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama menyampaikan Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) yang akan diluncurkan Rabu 5 Februari 2014 besok, ditargetkan beroperasi dari perumahan-perumahan.

"Bus sedang ini memang kita targetkan beroperasi dari perumahan perumahan," katanya di Balai Kota, Selasa (4/2/2014).

Menurut Ahok, armada BKTB ini akan beroperasi di rute Pantai Indah Kapuk (PIK)-Monas dan Kalibata-Tanah Abang. Rute tersebut dinamakan rute modifikasi karena berangkat dari perumahan-perumahan.

"Berangkatnya dari perumahan-perumahan untuk menggaet orang-orang yang bawa mobil itu. Kebetulan di perumahan kan belum ada bus," ujarnya.

Ia mengatakan, dengan headway atau jarak waktu kedatangan bus 10 menit, BKTB ini diharapkan dapat membuat masyarakat perumahan beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi massal.

"Kalau headway-nya per 10 menit, supaya orang lepasin mobil. Kalau bawa mobil lebih lama daripada bus, maka mereka akan pindah," tandasnya.

Ahok menambahkan, armada BKTB ini akan dikelola sekaligus menjadi aset PT Transjakarta. Bus tersebut nantinya juga bisa menjangkau kawasan perumahan di Kelapa Gading dan Pusat Perbelanjaan di Mangga Dua.

"Kami sekarang mau uji coba dulu, yang jelas operatornya TransJakarta. Nanti bisa masuk ke Kelapa Gading-Mangga dua juga," bebernya.

Lebih lanjut Ahok menjelaskan, berbeda dengan Transjakarta, armada BKTB ini berhenti di halte-halte biasa dengan menaik-turunkan penumpang dari pintu sebelah kiri.

Bus tersebut akan menjadi contoh bagi Metromini dan Kopaja yang melanggar aturan karena tidak menaikan turunkan di halte sebagaimana semestinya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7281 seconds (0.1#10.140)