Minggu depan, DKI bangun Waduk Marunda

Senin, 03 Februari 2014 - 19:14 WIB
Minggu depan, DKI bangun Waduk Marunda
Minggu depan, DKI bangun Waduk Marunda
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan segera membangun sembilan waduk sebagai baskom tampungan air di ibu kota.

"Akan segera kita laksanakan. Mudah-mudahan dalam seminggu, dua minggu ini sudah dimulai," kata Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Manggas Rudy Siahaan di Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (3/2/2014).

Manggas mengatakan, sembilan waduk tersebut rencananya dibangun bertahap dan dimulai dari wilayah Marunda, Jakarta Utara. Luas waduk yang dibangun di wilayah tersebut sekira 50 hektare, namun baru bisa dikerjakan 30 hektare.

"Mungkin secepatnya kita akan bangun satu waduk dahulu di Marunda. Luasnya sekira 50 hektare, tapi yang kita kerjakan sekira 30 hektare dahulu. Karena yang 20 hektar masih dalam proses pembebasan," terangnya.

Dia menambahkan, anggaran bagi pembangunan sembilan waduk di Jakarta ini masih dalam tahap kalkulasi. Namun, waduk yang dibangun tersebut dipastikan akan lebih murah, karena menggunakan alat berat milik pemprov sendiri.

"Anggaran cukup, artinya sekarang lagi dihitung untuk masalah anggarannya. Mungkin ini akan lebih murah, karena pakai peralatan Pemprov DKI. Sehingga yang dibutuhkan hanya bahan bakar sama operator saja," katanya.

Baca:
Tahun ini, DKI tambah 9 waduk
Jokowi pastikan lahan 9 waduk sudah siap
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5833 seconds (0.1#10.140)