Ini modus yang digunakan pengirim TKI ilegal

Kamis, 16 Januari 2014 - 17:05 WIB
Ini modus yang digunakan...
Ini modus yang digunakan pengirim TKI ilegal
A A A
Sindonews.com - Saat menggagalkan pengiriman TKI ilegal ke Timur tengah, petugas Polda Metro Jaya nyaris terkecoh. Pasalnya, seluruh TKI berikut calo yang ditugaskan dibekali berkas lengkap. Setelah dicek, ternyata seluruh berkas tersebut palsu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto menjelaskan, pengungkapan kasus ini bermula dari ditangkapnya seorang penyalur TKI ilegal di kawasan Sukabumi, Jawa Barat pada 3 Januari 2014.

"Akhirnya kami dapat informasi kalau ada sekumpulan TKI yang akan diberangkatkan," ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Kamis (16/1/2014).

Kabid melanjutkan, dalam penangkapan di Bandara Soekarno-Hatta, awalnya petugas sempat terkecoh karena pelaku membawa seluruh dokumen. Hingga akhirnya, penyidik langsung berkoordinasi dengan BNP2TKI untuk memeriksa kelengkapan tersebut.

"Baru setelah di cek ternyata para calon TKI yang akan berangkat ini memakai berkas palsu, jadi mereka langsung kami bawa ke Polda Metro," tegasnya.

Dalam melakukan pengiriman tenaga kerja ini para pelaku memalsukan Asuransi, Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN), perjanjian kerja, dan surat tugas serta surat rekomendasi pembekalan akhir.

Untuk memberangkatnya, para pelaku memesan tiket dan berpura-pura sebagai agen perjalanan umroh dan pariwisata.

Setibanya di Timur Tengah para korban ini akan kembali disebar ke agen-agen tenaga kerja dan disalurkan sebagai pembantu rumah tangga.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0966 seconds (0.1#10.140)