Wujudkan green city, ini yang dilakukan Depok

Rabu, 18 Desember 2013 - 16:54 WIB
Wujudkan green city,...
Wujudkan green city, ini yang dilakukan Depok
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok nampaknya serius mengubah wilayahnya menjadi kota hijau. Bahkan, Dpeok sudah memiliki ratusan bank sampah dan puluhan unit pengolahan sampah (UPS).

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Depok Zamrowi menegaskan, impian menjadi Green City sudah dilakukan dengan membangun puluhan UPS dan juga bank sampah.

"Bank sampah kami sudah miliki di 350 titik, menyebar di sekolah dan lingkungan masyarakat," katanya di Balai kota Depok, Rabu (18/12/2013).

Sementara prinsip Green Water, lanjutnya, pihaknya sudah mewajiban kepada tiap perumahan untuk membuat Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Sementara untuk Green Transportation, lanjutnya, dengan mengoptimalkan jalur kereta dan keinginan memiliki jalur khusus sepeda.

"Dishub misalkan bangun jalur sepeda, lalu car free day jangan hanya di Grand Depok City," jelasnya.

Untuk Green Energy, kata Zamrowi, seluruh rumah tangga di Depok sudah memakai gas elpiji, bahkan ada rumah tangga di Kecamatan Beji yang sudah memakai gas alam bawah tanah. Serta beberapa titik lampu lalu lintas yang menggunakan solar cell.

"Green Open Space, kami Ruang Terbuka Hijau (RTH) sudah 30 persen. Green Building kami mendorong kantor pemerintahan hemat energi, punya IPAL dan sumur resapan dan gerakan menanam pohon," tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9307 seconds (0.1#10.140)