Ini yang bisa picu kenakalan remaja

Sabtu, 07 Desember 2013 - 09:12 WIB
Ini yang bisa picu kenakalan remaja
Ini yang bisa picu kenakalan remaja
A A A
Sindonews.com - Tawuran pelajar yang terjadi di Bogor dan menelan korban jiwa, tak lepas dari kurangnya pengawasan keluarga dan sekolah. Namun ada faktor lain yang juga turut memicu terjadinya aksi tawuran tersebut.

Psikolog dari UNiversitas Indonesia (UI) Adriana S Ginanjar mengatakan, ada tiga hal yang menyebabkan terjadinya tawuran. Adanya dukungan, anonimitas, dan saat berkelompok.

Ia menjelaskan adanya dukungan, artinya ketika berada dalam kelompok, mereka cenderung lebih berani. sedangkan anonimitas, saat berkelompok maka identitas mereka tersamarkan.

“Tetapi menyatu dengan kelompoknya. Dia (pelalar) tidak dikenal sebagai pribadi per pribadi,” katanya ketika dihubungi, Jumat (6/12/2013).

Yang ketiga, saat berkelompok maka rasa bersalah yang ada ditanggung bersama. Sehingga mereka lebih berani melakukan hal yang dianggap melanggar aturan.

Menurut dia, peran sekolah sangat diperlukan. Sekolah yang menuntut peningkatan prestasi maka siswanya akan terpacu untuk mendapatkan prestasi memuaskan pula.

“Ada sekolah yang menuntut disiplin tegas dan anak-anak menjadi tidak memiliki banyak waktu untuk sekedar nongkrong,” ujarnya.

Dengan sedikitnya waktu yang ada dapat menghindari anak dari tindak negatif. Pasalnya, waktu mereka lebih difokuskan untuk mencapai prestasi sesuai tuntutan sekolah.

“Mereka yang nongkrong itu kan anak-anak yang memiliki banyak waktu panjang. Ketika merasa jenuh dengan rutinitas tersebut maka munculah ide tersebut (berbuat negatif),” jelas Adriana.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6181 seconds (0.1#10.140)