Jumlah anak terlantar di Depok meningkat

Jum'at, 29 November 2013 - 15:34 WIB
Jumlah anak terlantar...
Jumlah anak terlantar di Depok meningkat
A A A
Sindonews.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Depok mencatat jumlah anak terlantar di Depok meningkat. Yakni tahun 2012 sebanyak 49 anak sementara tahun 2011 hanya 30 anak.

Kasi Neraca Wilayah dan Analisis BPS Kota Depok Bambang Pamungkas mengatakan, kebanyakan anak-anak terlantar disebabkan adanya faktor ekonomi keluarga. Namun ada pula yang disebabkan karena mereka lebih senang hidup di jalanan.

"Memang meningkat, dan tersebar di seluruh kecamatan ada, dan memang kebanyakan adalah pendatang," katanya di Depok, Jumat (29/11/2013).

Bambang menambahkan, untuk jumlah anak jalanan, cenderung turun karena adanya program razia yang gelar dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Tahun 2012 hanya ada 336 anjal menurun dari tahun 2011 yakni 430 anjal.

"Turun 21 persen, karena ada program pemerintah kota. Kalau mengemis kami tak punya datanya," jelasnya.

Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Depok menengarai bahwa kebanyakan anjal dan pengamen di Depok justru datang dari daerah sekitar.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Depok Diah Sadiah mengklaim, razia selalu dilakuka setiap sore menjelang malam hari di sejumlah lampu merah.

"Susahnya rata-rata mereka bukan orang Depok, kebanyakan dari pendatang, ada yang dari Bogor, Bekasi, Jakarta, Lampung, dan Indramayu," terangnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1180 seconds (0.1#10.140)