2014, Damkar Depok bentuk Satlakar di pasar tradisional

Kamis, 28 November 2013 - 18:58 WIB
2014, Damkar Depok bentuk Satlakar di pasar tradisional
2014, Damkar Depok bentuk Satlakar di pasar tradisional
A A A
Sindonews.com - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok berencana membentuk satuan relawan pemadam kebakaran (Satlakar) di enam pasar tradisional.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok Yayan Arianto mengatakan, pembentukan Satlakar di pasar tradisional baru akan dilakukan setelah pembentukan seluruh Satlakar di 63 kelurahan rampung.

"Di 2014 mendatang kami mengagendakan pembentukan Satlakar di setiap pasar tradisional yang ada di Depok, namun tentunya setelah pembentukan Satlakar di 63 kelurahan rampung," kata Yayan di Depok, Kamis (28/11/2013).

Di tahun ini, Damkar Kota Depok telah membentuk tujuh Satlakar tambahan dari tahun sebelumnya 47 Satlakar. Dengan begitu, hingga akhir 2013 ini Damkar telah membentuk 54 Satlakar yang tersebar di 11 kecamatan se-Kota Depok.

"Ada sembilan Satlakar lagi yang belum kami bentuk, mudah-mudahan di 2014 nanti sembilan Satlakar tersebut sudah rampung dibentuk, tinggal kami membentuk Satlakar di pasar-pasar tradisional," ttutrnya.

Sedikitnya ada tujuh pasar yang nantinya akan dibentuk Satlakar yakni Pasar Kemiri Muka, Pasar Musi, Pasar Depok Jaya, Pasar Agung, Pasar Cisalak, Pasar Banjaran Pucung dan Pasar Harjamukti.

"Tujuan dibentuknya Satlakar di pasar tak lain untuk menangani kebakaran sejak dini. Karena ada tiga pilar penting dalam pencegahan kebakaran yakni masyarakat, Satlakar dan Damkar," terangnya.

Tak hanya itu, dibentuknya Satlakar juga bertujuan untuk mencapai respon time yang telah ditetapkan. Satlakar yang ada saat ini dibina oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7574 seconds (0.1#10.140)