Digigit anjing, 14 kanguru di Ragunan mati

Kamis, 28 November 2013 - 15:07 WIB
Digigit anjing, 14 kanguru di Ragunan mati
Digigit anjing, 14 kanguru di Ragunan mati
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 14 ekor kanguru jenis Wallabi abu-abu dari Papua yang ada di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan mati karena digigir oleh sejumlah anjing liar yang masuk ke dalam kandang.

Kepala Badan Layanan Umum Daerah Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Bambang Triyono mengatakan, dari hasil pemeriksaan post mortem para dokter hewan Ragunan, kematian kanguru disebabkan adanya sejumlah luka gigitan di sekitar leher, kaki dan perut sehingga terjadi pendarahan serius hingga kematian.

Dia menjelaskan, para anjing pembunuh tersebut diduga milik warga sekitar. "Diduga anjing itu lepas dan menerobos masuk ke kawasan TMR," katanya saat ditemui di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis (28/11/2013).

Mendapati belasan kanguru tersebut mati, petugas langsung menyisir ke seluruh kawasan dan berhasil menangkap tiga ekor anjing.

"Ketiga anjing itu sekarang berada di Balai Kesehatan Hewan dan Ikan (BKHI) untuk dilakukan observasi selama 14 hari," tegasnya.

Kepala Humas TMR Wahyudi Bambang mengatakan, saat ini tinggal empat ekor dari 18 ekor kangguru yang masih hidup. Peristiwa tersebut diketahui pada Rabu 27 November 2013.

"Tahunya itu pas kemarin pagi. Tahu-tahu kangurunya sudah pada bergeletakan mati," katanya.

Mengetahui belasan kanguru yang sudah dirawat mati, sejumlah petugas pun langsung menyisir lokasi. "Kita langsung nyari ke semak-semak. Akhirnya dapat tiga anjing liar," tegasnya.

Belasan kanguru yang tewas mengalami luka gigit di sekujur tubuh, di antaranya luka gigit di paha sama leher. Namun petugas tidak menemukan luka koyakan kepada kanguru.

Kini kandang kanguru berlokasi di pintu barat TMR, Jakarta Selatan, hanya dihuni empat kanguru yang terdiri dari satu betina dan tiga jantan.

Pada ekor kanguru jantan yang telah berusia 15 tahun tersebut terdapat luka menganga bekas gigitan. Petugas juga langsung memangkas rumput yang mulai meninggi.

Baca berita terkait:
Sejumlah kanguru di Ragunan mati tanpa sebab
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6830 seconds (0.1#10.140)