Puluhan dokter di Bogor gelar aksi simpatik

Rabu, 27 November 2013 - 17:15 WIB
Puluhan dokter di Bogor...
Puluhan dokter di Bogor gelar aksi simpatik
A A A
Sindonews.com - Sedikitnya 20 dokter dari berbagai Rumah Sakit (RS) di wilayah Bogor berunjukrasa menggelar aksi simpatik dengan cara membagikan bunga di Jalan Raya Pajajaran, Bogor Tengah, Kota Bogor hari ini.

Aksi tersebut sebagai bentuk aksi solidaritas menentang kriminalisasi profesi kedokteran yang menimpa kasus dr Dewa Ayu Sasiari Prawani yang diduga melakukan malpraktek sehingga divonis 10 bulan penjara.

Pasalnya, kasus dr. Ayu ini merupakan pukulan bagi para dokter yang tidak lain adalah manusia biasa, dokter perlu belajar dari pengalaman. Dokter punya tugas mulia, membantu masyarakat, hanya saja disatu sisi jika kerja dokter membawa efek merugikan masyarakat, maka dokterpun dipandang buruk.

Aksi yang dimulai pukul 11.00 WIB itu, dengan membawa spanduk bertulisakan 'stop kriminalisasi dokter', serta mengenakan pita hitam di tangan, sekitar sepuluh dokter spesialis turun ke jalan Pajajaran depan klinik Afiat RS PMI Bogor untuk memberikan bunga kepada para pengendara yang melintas.

"Aksi ini merupakan bentuk solidaritas kami selaku dokter terkait kriminalisasi dokter yang dialami dr Ayu di Manadao," kata Ketua Komite Medik PMI dr Yuswiadhi Soeyoed di lokasi, Rabu (27/11/2013).

Terkait kasusnya, kata dia, pihaknya berharap agar putusan terhadap dr Ayu bisa ditinjau kembali perkaranya di tingkat Mahkamah Agung (MA). "Komitmen kami jelas para profesi dokter meminta kasasi terkait putusan kepada dr Ayu," katanya.

Ia juga menambahkan, profesi dokter sendiri sebagai pelayanan dan memberikan penyembuhan pasien.

"Perlu dibedakan antara penjahat yang memegang pisau dengan seorang dokter yang memegang pisau. Karena kami dibawah sumpah ketika memegang pisau bertujuan penyelamatan bukan membunuh," paparnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1510 seconds (0.1#10.140)