Kenakalan anak akibat kurang komunikasi

Rabu, 30 Oktober 2013 - 09:03 WIB
Kenakalan anak akibat kurang komunikasi
Kenakalan anak akibat kurang komunikasi
A A A
Sindonews.com - Komunikasi menjadi sebuah kata kunci yang diperlukan untuk mengantisipasi kenakalan remaja saat ini semakin meningkat. Terbukti, dari masih maraknya penyebaran video mesum yang dilakukan oleh anak-anak di bawah umur.

Pengamat sosial budaya Universitas Indonesia (UI) Devi Rahmawati mengatakan, para anak menjadi merasa terlalu bebas karena kesibukan orangtua saat ini. Anak-anak pun menjadi dengan leluasanya mendapatkan pengetahuan negatif tanpa adanya pengawasan orangtua.

Kesibukan pun menurut Devi, tidak seharusnya dijadikan alasan bagi orangtua untuk bisa meninggalkan anaknya begitu saja. Sebab, saat ini kenakalan remaja sudah semakin berbahaya jika tanpa adanya pengawasan penuh dari orangtua.

"Tidak ada alasan orangtua untuk bingung mau berbuat seperti apa. Semuanya bisa dikomunikasikan secara terbuka," kata Devi saat berbincang dengan Sindonews, Rabu (30/10/2013).

Devi pun menyarankan, agar kejadian video mesum yang terjadi di SMP Negeri 4 pun tidak kembali terulang. Hal tersebut tentunya bisa mereka lakukan tentunya dengan komunikasi yang terjalin baik antara pihak anak, orangtua dan juga pihak orangtua kedua anak dalam hal ini sekolah.

"Perlu dibangun komunikasi yang baik antara orangtua dan sekolah. Bisa saja dengan kecanggihan telekomunikasi. Semua bisa saling pantau dan tidak ada alasan dengan kesibukan. Alat komunikasi bisa digunakan untuk saling menjaga dan bukan hanya untuk negatif saja," tegasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3644 seconds (0.1#10.140)