Jalan sejajar rel mampu kurangi beban Jalan Margonda

Senin, 28 Oktober 2013 - 11:33 WIB
Jalan sejajar rel mampu kurangi beban Jalan Margonda
Jalan sejajar rel mampu kurangi beban Jalan Margonda
A A A
Sindonews.com - Kendati Jalan sejajar rel sudah diresmikan penggunaannya, namun hingga kini belum juga dioperasionalkan. Padahal, jalan tersebut diyakini mampu mengurangi beban Jalan Raya Margonda yang sudah sangat padat.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok mengaku, hingga kini belum tahu persis kapan jalan tersebut akan digunakan.

"Saat ini kami masih melakukan evaluasi agar jalan tersebut segera dioperasionalkan dan tidak mendapat penolakan dari sopir angkot," terang Plt Kepala Dishub Kota Depok Nasrun ZA di kantornya, Senin (28/10/2013).

Dijelaskannya, trayek yang seharusnya melalui jalur sejajar rel berjumlah sembilan jurusan dengan total armada 1.375 unit. Trayek itu adalah D01 (Terminal-Depok I), D03 (Terminal-Parung), D04 (Terminal–Kukusan), D07 (Terminal-Rawa Denok), D07 A (Terminal– Citayam), D15 (Terminal–Limo), 105 (Terminal- Lebak Bulus), 110 (Terminal– Ciputat), dan S16 (Terminal-Pondok Labu).

Nantinya, sejumlah angkutan itu tidak akan melalui jalan Margonda Raya lagi, tetapi langsung belok kanan dari Jalan Dewi Sartika dan masuk jalan Sejajarel yang terhubung sampai ke Terminal. Dari Terminal Sejajar Rel, angkot itu akan keluar ke Jalan Arif Rahman Hakim (ARH).

"Praktik kepadatan di Margonda berkurang karena trayek itu melalui sejajar rel. Hanya saja belum tahu pastinya kapan," akunya.

Sejauh ini, Dishub sudah melakukan sosialisasi pada para sopir. Ditargetkan, jalur itu digunakan secara resmi setalah terminal tertata sepenuhnya. Artinya sarana dan prasarana pendukung sudah ada.

"Seperti tempat naik turunnya penumpang dan parkir angkutan dalam stasiun," tukas Nasrun.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6164 seconds (0.1#10.140)