TMR siap tampung monyet hasil razia

Kamis, 24 Oktober 2013 - 16:28 WIB
TMR siap tampung monyet hasil razia
TMR siap tampung monyet hasil razia
A A A
Sindonews.com - Rencana Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo menempatkan topeng monyet di kebun binatang disambut baik Taman Margasatwa Ragunan (TMR).

Kepala TMR, Marsawitri Bumay mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk menampung monyet-monyet hasil tangkapan petugas di jalanan.

"Prinsipnya kita mendukung kebijakan tersebut. TMR sendiri kondisinya sudah siap menampung monyet-monyet itu. Kami saat ini sudah menyiapkan kandang-kandang untuk konservasinya," katanya saat dihubungi, Kamis (24/10/2013).

Marsawitri menjelaskan, sebagai balai konservasi hewas, TMR tidak akan langsung menampung monyet-monyet hasil razia tersebut. Monyet jenis ekor panjang yang dititipkan, nantinya diperiksa kesehatannya di Balai Kesehatan Hewan dan Ikan (BKHI) lebih dahulu.

"Sebelum monyet masuk TMR, kita masukan ke dalam BKHI. Di sana mereka diperiksa dan karantina agar tidak menularkan penyakit ke satwa lain," paparnya.

Menurutnya, monyet-monyet hasil tangkapan di jalan rentan menderita penyakit jika dilihat dari pola hidup dan pemberian pakan yang dilakukan para pawang atau pemiliknya.

"Kondisi monyetnya memprihatinkan, karena memang sang pemilik tidak seperti binatang," pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5437 seconds (0.1#10.140)