Dua penderita AIDS di Depok meninggal dunia

Minggu, 20 Oktober 2013 - 13:18 WIB
Dua penderita AIDS di Depok meninggal dunia
Dua penderita AIDS di Depok meninggal dunia
A A A
Sindonews.com - Dalam dua pekan sudah dua orang penderita Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) di Depok meninggal secara berurutan. Mereka adalah WN (37), warga Cilodong yang meninggal pada Sabtu, 5 Oktober 2013 dan MA (32), warga Kemiri Muka, Beji, Depok yang meninggal pada 26 September.

Koordinator Lembaga Swadaya Masyarakat Kuldesak Samsu Budiman mengatakan, WN sudah tiga kali masuk rumah sakit. WN diidentifikasi sejak dua bulan lalu oleh LSM Kuldesak. Saat itu, WN dibawa ke RSUD Cibinong untuk rawat.

Namun karena peralatan di RSUD Cibinong itu tidak memadai, WN dirujuk lagi ke RS Marjuki Mahdi di Bogor. Setelah hampir sebulan di RS Marjuki Mahdi, dokter menyatakan tak bisa mengobati penyakit penyerta pasien karena alatnya belum ada.

"Kalau alat untuk Aids ada, tapi untuk penyakit penyertanya enggak ada," kata Samsu, Minggu (20/10/2013).

Sementara, pasien MA yang merupakan sopir angkutan kota mengalami penyakit paru. Setelah diidentifikasi dua bulan lalu, MA diberikan obat untuk dikonsumsinya setiap hari.

Pada pertengahan September lalu, obat itu habis dan keluarga tidak melaporkan hal itu ke Kuldesak. "Pas petugas berkunjung kondisinya sudah parah," katanya.

WN dan Ma adalah mantan pengguna obat suntik. Saat ini, LSM Kuldesak sedang menindak lanjuti kasus WN dengan melakukan pemerikasaan istrinya di RS Fatmawati.

Sejak tahun 2013, pihaknya telah menemukan sebanyak 45 kasus baru HIV/AIDS di Depok. Sementara, jumlah orang terindikasi AIDS sejak 2010 sudah mencapai 188 orang. "Depok sangat rentan sekali," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7785 seconds (0.1#10.140)