Tanah di Jakarta Barat akan disulap jadi hijau

Jum'at, 04 Oktober 2013 - 20:40 WIB
Tanah di Jakarta Barat...
Tanah di Jakarta Barat akan disulap jadi hijau
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat bakal mengubah sebagian wilayahnya menjadi kawasan hijau. Memasuki akhir 2013, sedikitnya 30 taman di Jakarta Barat akan ditata.

Kasudin Pertamanan Jakarta Barat Marfuah mengatakan, sesuai instruksi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadikan Jakarta Barat sebagai kawasan ramah lingkungan. Maka itu, kata dia, pihaknya saat ini sedang mendata seluruh taman dan jalur hijau yang ada di Jakarta Barat.

Walaupun begitu, sedikitnya 30 taman yang sudah didata telah dilakukan penataan, di antaranya di bawah fly over Pesing, penataan jalur hijau median Jalan Daan Mogot, penataan taman depan SMPN 215 di Meruya Ilir, penataan kawasan strategis Grogol dan beberapa penataan lainnya dengan anggaran Rp6 miliar.

Sedangkan untuk penataan taman-taman potensial lainnya, akan dianggarkan tahun depan setelah pihaknya selesai melakukan pendataan taman yang ada di Jakarta Barat.

"Ke-30 taman akan kami tata, dari mulai tanaman dan kondisi sekitar taman. Kami memilih tanaman yang berwarna dan bebatang basah serta punya anakan, misalnya kana, keladi-keladian dan sebagainya. Karena kalau hanya bunga saja ada penanganan khususnya," kata Marfuah di Jakarta, Jumat (4/10/2013).

Marfuah menjelaskan, jumlah taman di Jakarta Barat baru akan diketahui setelah adanya pendataan yang baru saja dilakukan pihaknya pada awal Oktober ini. Pasalnya, Gubernur juga menginstruksikan untuk menghijaukan semua tanah fasilitas sosial dan fasilitas umum yang ada di Jakarta Barat.

Selain itu, Marfuah juga memiliki rencana untuk memodifikasi seluruh taman yang nantinya telah selesai didata. "Kami akan membuat seluruh taman di Jakarta Barat memiliki kesan berbeda dari yang lain," ujarnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0574 seconds (0.1#10.140)