Ratusan mahasiswa protes 4 pilar kebangsaan

Kamis, 26 September 2013 - 23:19 WIB
Ratusan mahasiswa protes 4 pilar kebangsaan
Ratusan mahasiswa protes 4 pilar kebangsaan
A A A
Sindonews.com - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa untuk Bangsa melakukan aksinya di depan Gedung DPR/MPR. Mereka kembali menolak 4 pilar kebangsaan.

Ini merupakan aksi pertama pasca meninggalnya Ketua MPR, Almarhum Taufiq Kiemas yang merupakan penggangas 4 pilar kebangsaan.

"Ini awal bagi kita, memprotes 4 pilar kebangsaan di bawah pimpinan Sidarto Danusubroto sebagai pengganti Pak Taufiq Kiemas," kata koordinator aksi Anto Ginajar kepada wartawan, Kamis (26/9/2013).

Pak Sidarto kata Anto harus tegas untuk merevisi 4 pilar kebangsaan tersebut dengan catatan mengundang tokoh-tokoh bangsa. Karena kata dia, sudah banyak tokoh bangsa yang ikut protes dengan sosialisasi ini.

"Sebagai politisi senior Pak Sudarto harusnya lebih paham. Dan dia bisa menjadi pelopor bagi perubahan 4 pilar kebangsaan tanpa ada pancasila di dalamnya," tegas Anto.

Sementara dalam orasinya salah satu mahasiswa, Andeni Apri Yuliansyah mengatakan, Pancasila tidak pantas disebut sebagai pilar kebangsaan. Mengutip pidato Presiden Soekarno bahwa Pancasila adalah sebagaai sebuah fundamen, filsafah negara sebagaimana termaktub dalam pembukaan UUD 1945.

"Tidak ada kata lain, selain MPR untuk tidak lagi memasukan Pancasila sebagai sebuah pilar kebangsaan. Bahkan sosialisasi ini sangat merendahkan nilai-nilai pancasila," katanya.

Sosialisasi 4 pilar ini kata Andien dicurigai sebagai bentuk permainan proyek atau akal-akalan dari para pimpinan MPR dalam mengeruk uang negara. Bagi para mahasiswa ini adalah bentuk pemborosan dan menyesatkan publik.

"Kami meminta kepada Ketua MPR yang baru untuk segera merevisi konsep 4 pilar tersebut. Karena bagi kami ini keliru dan salah kaprah. Dan kami mencurigai, ini ada indikasi korupsi dalam sosilisasi 4 pilar. Ada markup dana sosialisasi. KPK harus turun untuk memeriksa anggaran tersebut," bebernya.

Aksi penolakan ini akan terus dilakukan oleh para mahasiswa dan dalam waktu dekat akan segera melakukan konsolidasi antar universitas. Tidak hanya itu, massa juga mengancam akan mengepung kantor DPP seluruh parpol untuk meminta kepada delegasinya di MPR dan DPR agar segera merevisi 4 pilar kebangsaan.

"Ini juga merupakan tanggungjawab parpol untuk ikut serta melakukan revisi 4 pilar kebangsaan terutama partai PDI Perjuangan," tandasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6618 seconds (0.1#10.140)