Ahok kirim tim selesaikan upah buruh pelabuhan

Senin, 09 September 2013 - 18:02 WIB
Ahok kirim tim selesaikan upah buruh pelabuhan
Ahok kirim tim selesaikan upah buruh pelabuhan
A A A
Sindonews.com - Protes buruh pelabuhan Tanjung Priok yang dibayar dibawah Upah Minimum provinsi (UMP) DKI sebesar Rp2,2 juta membuat Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana melakukan pengecekan langsung.

Rencananya, besok Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau yang biasa disapa Ahok akan menurunkan tim di Pelabuhan Tanjung Priok untuk mengecek upah buruh disana.

Langkah itu diambil menyusul aksi unjuk rasa para buruh pelabuhan yang mengeluhkan gaji mereka di bawah ketetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) sebesar Rp2,2 juta.

"Kita akan turunkan tim dari Dishub dan Disnaker besok ke Pelabuhan Tanjung Priok. Mereka akan saya minta lapor, nanti kita akan pertemukan antara pengusaha dengan buruh," kata Ahok saat ditemui di Balai Kota, Senin (9/9/2013).

Menurut Ahok, berdasarkan peraturan, para buruh pelabuhan berada di bawah kewenangan Dinas Perhubungan. Maka dari itu, tim dari dinas tersebut akan diterjunkan guna melihat langsung permasalahan di lapangan.

"Besok makanya kita terjunkan tim dari Dishub juga," singkatnya.

Ia menegaskan, saat ini seharusnya tidak ada lagi perusahaan yang membayar upah buruh di bawah UMP. Atas dasar itu, unjuk rasa yang dilakukan Serikat Buruh Transportasi Perjuangan Indonesia (SBTPI) dinilai tepat.

"Tidak boleh harusnya. Benar mereka mengadu Disnaker enggak pernah turun ke wilayah itu. Mestinya turun," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7844 seconds (0.1#10.140)