Wali Kota Depok: Sekolah harus punya toilet sehat

Selasa, 03 September 2013 - 03:02 WIB
Wali Kota Depok: Sekolah harus punya toilet sehat
Wali Kota Depok: Sekolah harus punya toilet sehat
A A A
Sindonews.com - Selain memiliki program kantin sehat di tiap sekolah, Pemerintah Kota (pemkot) Depok juga meminta tiap sekolah untuk menyediakan kamar mandi atau toilet yang sehat.

Hal itu ditegaskan Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail saat mengunjungi SDN 4 Tapos, Depok. Kata dia, kondisi sekolah terutama pada ketersediaan toilet sehat, dan tempat cuci tangan siswa. Karena toilet di sekolah tersebut sangat minim, pemerintah berencana akan membangunkan toilet tambahan di sana.

"Tempat cuci tangan harus selalu disediakan sabun, agar anak-anak mencuci tangan dan kumannya dapat hilang. Toilet juga harus bersih dan sehat agar tak jadi sarang kuman," ujarnya di SDN 4 Tapos, Senin (2/9/2013).

Kebiasaan untuk selalu mencuci tangan terutama sebelum makan dan membuang sampah pada tempatnya, kata dia, harus ditanamkan sejak dini kepada anak-anak dalam rangka mewujudkan Pola Bersih Hidup dan Sehat (PHBS).

Jika lingkungan sehat, lanjutnya, maka sejalan dengan program Kota Layak Anak yang digagas Depok. "Paling tidak, anak-anak juga mampu menjadi pelopor PHBS," jelasnya.

Mahmudi juga menyarankan kepada pedagang jajanan sekolah agar menguranngi konsumsi terigu, dengan cara mengganti bahan terigu, dengan tepung mocav atau tepung singkong.

"Penggunaan tepung mocav sebagai pengganti terigu membuat kita meningkatkan kecintaan pada produk dalam negeri," tandasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4108 seconds (0.1#10.140)