Tingkatkan profesionalisme, masinis ikuti sertifikasi

Kamis, 01 Agustus 2013 - 22:34 WIB
Tingkatkan profesionalisme, masinis ikuti sertifikasi
Tingkatkan profesionalisme, masinis ikuti sertifikasi
A A A
Sindonews.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan sertifikasi sebanyak 755 masinis. Hal itu digunakan untuk memberikan rasa mana dan nyaman bagi pemudik.

Dirjen Keselamatan Kereta Api Kementrian Perhubungan Hermanto mengatakan, di Jakarta ada 75 calon masinis yang mengikuti uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat. Lima orang di antaranya tidak lolos dikarenakan masalah kesehatan.

Lebih lanjut, dia mengatakan, nantinya serifikasi ini akan menjadi acuan bagi masinis agar bisa naik ke jenjang yang lebih tinggi.

"Intinya kita lakukan ini demi pelayanan yang lebih baik dan profesional, sehingga masyarakat tidak memandang sebelah mata terhadap profesi masinis," kata Hermanto kepada wartawan di Jakarta, Kamis (1/8/2013).

Menurutnya, serifikat itu berlaku selama empat tahun dan setiap akan melakukan perjalanan, kepala stasiun harus memberikan catatan di dalam sertifikat yang berbentuk seperti buku paspor tersebut.

"Dari catatan tersebut bisa dilakukan penilaian untuk pemberian sertifikat berikutnya," ujarnya.

Selain melakukan sertifikasi, pihaknya akan melakukan inspeksi ke berbagai tempat seperti Depo, Stasiun dan wilayah dan melakukan uji berkala terhadap sarana dan prasarana.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4916 seconds (0.1#10.140)