Cegah kriminalitas, polisi ajak masyarakat dengan Si Gahtan

Rabu, 31 Juli 2013 - 21:00 WIB
Cegah kriminalitas, polisi ajak masyarakat dengan Si Gahtan
Cegah kriminalitas, polisi ajak masyarakat dengan Si Gahtan
A A A
Sindonews.com - Kapolda Metro Jaya Irjen Putut Eko Bayuseno resmi membentuk sistem pencegahan kejahatan (Si Gahtan) di perumahan Casagoya, Kebon jeruk, Jakarta Barat. Dibentuknya Si Gathan adalah guna pengoptimalisasian Bhayangkara Binaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas).

Kapolres Jakarta Barat, Kombes Fadil Imran mengatakan, di era modernisasi sekarang ini, dalam mengurangi angka kejahatan tidak dapat lagi dilakukan secara traditional.

Artinya, lanjut dia, dalam melakukan penindakan kejahatan, saat ini sudah tidak efektif jika dilakukan selalu dengan menurunkan anggota polisi secara banyak dan melakukan kekerasan. Untuk itu, pihaknya mencoba mensinergikan antara masyarakat dengan aparat kepolisian dalam mencegah kejahatan.

"Mencegah lebih mulia daripada menangkap pelaku kejahatan," kata Kombes Fadil di Jakarta, Rabu (31/7/2013).

Dia menjelaskan, terbentuknya Si Gahtan ini tentunya akan mengurangi biaya operasional penyelidikan dan sumber daya anggota kepolisian. Selain itu, keterbatasan Polsek dan Polres semakin teratasi dan pemukiman menjadi lebih aman.

Sebagai percontohan Si Gahtan, kata Fadil yaitu di perumahan Casa Goya, Kebon jeruk, Rw.02 Cengkareng Timur, Perumahan permata Buana, Kembangan, Perumahan Mega Kebon Jeruk, Kembangan, RW.06 Pekojan, Tambora dan perumahan Red Scarlet Citra 6 Kalideres.

"Dalam triwulan pertama, si Gahtan kami targetkan ada di 13 Rw, 34 perumahan dan empat apartemen. Triwulan kedua 192 rw, 62 perumahan, dan 8 apartemen. Sedangkan triwulan ketiga, Si Gahtan akan hadir di 374 rw, 102 perumahan dan 12 apartemen. Kami harap dalam setahu, Si Gahtan akan hadir di seluruh Rw Jakarta barat sebanyak 508 rw, 136 perumahan, dan 16 apartemen," bebernya.

Adapun bentuk Si gahtan, Fadil memaparkan, pihaknya akan membantu mengembalikan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungannya masing-masing. Seperti misalnya dengan memasang alarm, memasang CCTV, memasang kunci, memperkuat jendela dan pintu, termasuk memasang teralis besi.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga akan menambah penerangan lingkungan, membuat pos-pos penjagaan di dalam atau di belakang komplek dan pemberian bantuan sarana olahraga kepada warga untutk menggiatkan karang taruna.

Selain itu, kata dia, merevitalisasi fasilitas sosial dan failistas umum di lingkungan Rw, dan pemasangan spanduk atau pamflet imbauan masyarakat untuk berperan aktif melakukan pencegahan kejahatan.

"Kami akan menghidukan Babinkamtibmas ,ketua RW, Rt dan warganya. Nantinya polisi akan membackup si Gahtan," ungkapnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5069 seconds (0.1#10.140)