Warga Citayam sayangkan kuota SMAN Depok dikurangi

Senin, 01 Juli 2013 - 16:32 WIB
Warga Citayam sayangkan kuota SMAN Depok dikurangi
Warga Citayam sayangkan kuota SMAN Depok dikurangi
A A A
Sindonews.com - Pada tahun ajaran 2013-2014, Pemerintah Kota Depok memperketat proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di tiap SMAN khusus bagi calon siswa yang berasal dari luar Depok.

Setidaknya, pada tahun ini setiap sekolah hanya diizinkan menerima satu persen atau tiga calon siswa di tiap SMAN yang ada di Depok.

Kondisi ini sengaja dilakukan untuk memenuhi pendidikan warga lokal. Maklum saja, jumlah SMAN di Depok masih terbatas yakni hanya sembilan titik. Sehingga diprioritaskan untuk siswa lokal, diturunkan kuotanya dari tahun sebelumnya, yakni lima persen.

Seperti salah seorang warga Citayam, Depok, Sri Latifa yang menyayangkan kebijakan itu. Dia tampak kebingungan saat mendaftarkan anaknya di SMAN 3 Depok. Sri pun kemudian memohon kepada panita PPDB SMAN 3 Depok.

"Anak saya sekolah di SMP di Jakarta. Nilainya 31 lebih. Terus anak saya mau coba ke SMAN 3, tapi ternyata kuotanya hanya tiga kursi," katanya di lokasi, Senin (01/07/2013).

Sri mengaku, tidak mengtahui ada pengurangan kuota untuk siswa dari luar Depok di setiap sekolah. Kemudian juga pilihan sekolahnya hanya satu.

"Saya tinggal di Citayam sudah lama. Kalau tahu harus pakai KK, KK-nya saya urus dulu. Pilihan sekolahnya juga hanya satu. Kalau tidak diterima yah berarti di swasta. Saya enggak punya uang ke swasta, karena minimal punya uang Rp5 juta ," imbuhnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5076 seconds (0.1#10.140)