Sungai Ciliwung tercemar TPS liar

Jum'at, 14 Juni 2013 - 14:16 WIB
Sungai Ciliwung tercemar TPS liar
Sungai Ciliwung tercemar TPS liar
A A A
Sindonews.com - Kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan masih minim. Hal itu terbukti dari masih banyaknya sampah yang menumpuk di sungai. Tak heran, bila banjir selalu hadir ketika musim penghujan tiba.

"Aliran Sungai Ciliwung di Jakarta Selatan yang paling banyak dijadikan warga sebagai tempat pembuangan sampah," ujar Asisten Walikota Jakarta Selatan Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup Tri Wahuying Diah, di Taman Marga Satwa Ragunan, Jakarta, Jumat (14/6/2013).

Menurut Tri, sedikitanya ada 18 Tempat Pembuangan Sementara (TPS) liar yang ada di aliran Sungai Ciliwung, yang ikut andil mencemarkan air sungai. Pihaknya menargetkan akan mengurangi keberadaan TPS liar tersebut.

"Minggu kemarin sudah ada tiga TPS, sedangkan minggu ini empat. Dua di Tanjung Barat, dan dua di Pejaten Timur. Kita lakukan pembersihan secara bertahap," tukasnya.

Hal ini juga dibenarkan Wali Kota Jakarta Selatan Syamsuddin Noor. Menurutnya, di Jakarta Selatan, memang ada penurunan kualitas air yang berujung pada menurunnya peringkat Adi Pura Jakarta Selatan, dari urutan 4 pada 2012, menjadi peringkat 5 pada tahun ini.

"Penilaian pada air di Jakarta Selatan memang ada penurunan, tapi untuk yang lain, seperti fisik dan udara, justru meningkat. Karena itu, air menjadi perhatian kita kedepannya," tandasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3264 seconds (0.1#10.140)