Jokowi kumpulkan raja-raja sedunia di Jakarta

Selasa, 11 Juni 2013 - 12:41 WIB
Jokowi kumpulkan raja-raja sedunia di Jakarta
Jokowi kumpulkan raja-raja sedunia di Jakarta
A A A
Sindonews.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik rencana forum Keraton senusantara yang akan mengadakan pagelaran keraton agung sedunia yang bertempat di Jakarta.

Menurutnya, pagelaran keraton agung sedunia rencananya akan dilaksanakan sekitar awal Desember, yakni pada 5-8 Desember 2013, dan mengundang kerajaan-kerajaan yang ada di dunia.

"Nanti kira-kira awal Desember, di Jakarta akan ada pagelaran agung keraton sedunia. Tanggal 5-8 Desember akan datang raja-raja dari seluruh nusantara. Raja dari seluruh Eropa, Asia, Afrika, semua yang punya raja-raja berkumpul," kata Jokowi, di Balai Kota DKI, Jakarta, Selasa (11/6/2013).

Selain itu, dalam pegelaran keraton agung tersebut, masyarakat akan disuguhkan karnaval dengan kegiatan para raja yang menunggang kereta kencana. "Kita nanti akan adakan karnaval, raja-raja membawa kereta kencana semuanya, di Jakarta, membawa pusaka-pusaka dan kuliner-kuliner semuanya," terangnya.

Mantan Wali Kota Solo ini menambahkan, tujuan diadakannya pagelaran keraton agung sedunia sebagai upaya dirinya mengenalkan Jakarta kepada dunia.

"Pertama, dalam rangka, tentu saja membangun brand Jakarta. Kedua, agar potensi-potensi keraton, budaya yang ada di nusantara ini dikenal dunia," tambahnya.

Sebelumnya, Gubernur Jokowi telah menerima perwakilan pengurus forum masyarakat keraton se-nusantara untuk membahas pelaksanaan pagelaran tersebut di kantornya, Balai Kota DKI Jakarta. Rencana pagelaran tersebut, kata Jokowi, pernah disampaikan saat dirinya diundang forum keraton senusantara beberapa waktu lalu.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5070 seconds (0.1#10.140)