Diduga salah analisa, bayi Janeeta kena infeksi paru

Rabu, 05 Juni 2013 - 14:40 WIB
Diduga salah analisa, bayi Janeeta kena infeksi paru
Diduga salah analisa, bayi Janeeta kena infeksi paru
A A A
Sindonews.com - Janeeta belum genap berusia seminggu. Setelah lahir 31 Mei 2013, putri dari pasangan jurnalis foto Firmanto Hanggoro dan Imaniar Melissa ini terpaksa harus bergelut dengan komplikasi penyakit jantung bawaan dan infeksi paru yang menyebabkan kondisinya lemah.

Menurut Firmanto ayah Janeeta, putrinya saat ini harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit Harapan Kita, Jakarta Barat akibat keracunan air ketuban saat masih dalam kandungan.

"Kesalahan terjadi pada analisa dokter yang menangani konsultasi kandungan istrinya saat Janeeta masih dalam kandungan, saat itu dia menyatakan bayinya dalam keadaan baik-baik saja," ujar Firmanto pada sindonews saat dihubungi 5/6/2013.

Firman menerangkan ia menduga ada kesalahan fatal pada analisa dokter yang menangani konsultasi kandungan istrinya, yang dilakukan dua kali seminggu itu.

Pasalnya saat konsultasi kandungan istrinya di RSUD Cibinong Dr.Basrul,SpOG (spesialis kebidanan dan penyakit kandungan), yang menangani konsultasi Amaniar, menyatakan kondisi kandungannya baik-baik saja, padahal sebelumnya pada tanggal 27 Mei 2013 istrinya mengeluhkan bahwa air ketubannya tumpah.

"Seharusnya pada saat itu dokter yang menangani kandungan istri saya memberikan langkah medis untuk mengantisipasinya," ujarnya.

Karena merasa tidak ada tindakan, Firmanto kemudian membawa istrinya ke bidan dekat rumahnya dan ternyata air ketuban istrinya sangat berbahaya bagi bayi dan harus segera ditangani.

"Menurut bidan itu, bayi saya harus segera dikeluarkan karena air ketubannya sudah tumpah," jelas Firmanto.

Firmanto menduga akibat bayinya meminum air ketuban ibunya, ia mengalami infeksi paru-paru karena itu ia sangat menyesalkan apa yang terjadi pada analisa dokter pada konsultasi kandungan istrinya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7695 seconds (0.1#10.140)