Tertimbun longsor, 1 keluarga tewas di Sempur Bogor

Jum'at, 19 April 2013 - 19:43 WIB
Tertimbun longsor, 1...
Tertimbun longsor, 1 keluarga tewas di Sempur Bogor
A A A
Sindonews.com - Hujan deras disertai angin kencang, di Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, mengakibatkan tanah longsor dan menimbun rumah warga. Empat orang penghuni rumah, dinyatakan meninggal dalam peristiwa itu. Terdiri dari Asih (60), Nunu (40), Rina (21), dan Lia (5).

"Korban merupakan satu keluarga. Korban sudah dievakuasi di RS Salak Bogor," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, kepada Sindonews, Jumat (19/4/2013).

Ditambahkan dia, lokasi longsor merupakan daerah lembah yang padat permukiman penduduk, dan memiliki tingkat kerentanan terhadap longsor yang tinggi. Perumahan dibangun pada lereng-lereng di lembah yang berbatasan dengan Sungai Ciliwung Hulu.

"Padatnya perumahan menyebabkan terbatasnya mitigasi struktural untuk menahan longsor. Hal ini lah yang menyebabkan Kelurahan Sempur memiliki tingkat risiko tinggi dari bencana longsor," terangnya.

Lebih lanjut, Sutupo mengimbau, warga lebih meningkatkan kewaspadaannya terkait dengan cuaca ekstrem. Dinamika atmosfer dan masih hangatnya perairan di wilayah Indonesia, menyebabkan cuaca ekstrem tetap berpotensi tinggi menimbulkan banjir, longsor, dan puting beliung.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0756 seconds (0.1#10.140)