Arus pendek listrik, rumah 60 KK hangus terbakar

Jum'at, 22 Maret 2013 - 16:07 WIB
Arus pendek listrik, rumah 60 KK hangus terbakar
Arus pendek listrik, rumah 60 KK hangus terbakar
A A A
Sindonews.com - Kebakaran yang menghanguskan rumah di Jalan Kapalio RT 15/01, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, kini sudah berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran dengan menggunakan air kali pesanggrahan.

Dugaan sementara, kebakaran terjadi karena hubungan arus pendek listrik atau konsleting dari rumah kontrakan milik Satiman.

"Dugaan sementara konsleting listrik dari lantai dua, pemilik kontrakan lihat asal api dari sana," ungkap saksi mata, Tugimin, saat ditemui di lokasi kejadian, Jumat (22/3/2013).

Tugiman menjelaskan, lokasi kebakaran dihuni oleh 60 Kepala Keluarga dengan jumlah 240 jiwa di atas tanah seluas 2500 meter. Diakuinya, rumah warga umumnya terbuat dari bahan yang mudah terbakar dengan kondisi hangus dan hancur karena dilalap api.

Hingga kini, total kerugian tersebut ditaksir mencapai Rp500 juta. "Bangunan terbuat dari bahan yang mudah terbakar untuk korban jiwa tidak ada," ungkapnya.

Sementara itu, saksi mata lainnya, Fadil menyatakan, kebakaran terjadi sekira pukul 10.20 WIB. Api diketahui berasal dari rumah warga yang berada tepat di bawah rel kreta api Bintaro dan bersebelahan dengan kali Pesanggrahan. Angin kengcang membuat kebakaran cepat meluas.

"Api tadi dari rumah yang dipinggir rel, dan langsung nyamber kearah kanan karena angin gede," kata Fadil.

Petugas pemadam kebakaran yang datang ke lokasi awalnya mengalami kesulitan untuk menjangkau lokasi kebakaran. Namun, akhirnya petugas yang membawa mesin penyedot air untuk memadamkan api dengan menggunakan air dari kali Pesanggrahan berhasil memadamkan api.

Api pun berhasil dijinakan dengan selama satu jam setelah kejadian. Saat ini petugas sedang melakukan pendinginan.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5469 seconds (0.1#10.140)