Kriminalalitas di Jakarta tinggi, sudah jadi ciri khas

Sabtu, 09 Maret 2013 - 09:40 WIB
Kriminalalitas di Jakarta tinggi, sudah jadi ciri khas
Kriminalalitas di Jakarta tinggi, sudah jadi ciri khas
A A A
Sindonews.com - Meningkatnya kasus kejahatan di ibu kota sangat merisaukan masyarakat. Pasalnya hampir setiap hari masyarakat disuguhi berbagai kejahatan, dari pemalakan sampai pada perampokan, bahkan pembunuhan sadis.

Menanggapi hal ini, Kriminolog dari Universitas Indonesia Iqrak Suhlil mengatakan, tingkat kriminal di kota besar memang cenderung lebih tinggi, karena adanya ketimpangan ekonomi.

"Kejahatan di perkotaan besar tinggi, karena faktor ekonomi. Khususnya bagi kasus kekerasan seperti perampokan dan kejahatan sejenisnya," ujar Iqrar pada Sindonews, Sabtu (9/3/2013).

Dia menambahkan, kasus kekerasan bermotif ekonomi biasa dilakukan oleh mereka yang tidak memiliki pekerjaan pasti dan merasa tertekan dengan kebutuhan ekonomi, sehingga jalan yang terakhir yang dipilih adalah dengan cara memaksa.

"Itu dilakukan karena tekanan ekonomi, mereka sendiri akhirnya nekad melakukannya karena tidak memiliki pilihan," ujarnya.

Dia kembali menekankan, ciri khas kota besar memang identik dengan tingkat kriminalitas yang tinggi. Namun itu bisa dibendung jika ada perbaikan ekonomi yang signifikan.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3750 seconds (0.1#10.140)
pixels