Derry imbau, calon yang kalah harus legowo

Selasa, 05 Maret 2013 - 14:53 WIB
Derry imbau, calon yang kalah harus legowo
Derry imbau, calon yang kalah harus legowo
A A A
Sindonews.com - Pemilukada Jawa Barat disinyalir bakal berujung sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK), pascapenolakan pasangan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki terhadap hasil rekapitulasi perhitungan suara yang memenangkan pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar.

Sebelumnya, Pemilukada Jawa Barat memang banyak diikuti oleh calon yang berlatar belakang seniman. Menurut pelawak yang juga seniman dalam grup Empat Sekawan Dery, dalam sebuah kompetisi pasti terdapat pihak yang menang dan yang kalah. Pihak yang menang harus rendah hati, sementara calon yang kalah harus ikhlas.

"Legowo kalau kalah, rendah hati menang. Itu baru politikus. Jabatan kalau kita ambil dengan ngotot, kan kita dipilih karena aspirasi. Dia (Rieke)ngotot pasti ada alasan," ungkapnya di Depok.

Ia juga menilai, dalam Pemilukada Jawa Barat harus disadari bahwa incumbent mempunyai kekuasaan. Belum lagi ditambah popularitas Dede Yusuf dan Deddy Mizwar.

"Semua birokrasi kan dikuasai incumbent. Kayak enggak belajar aja, incumbent dimana-mana pasti menang. Kecuali kalau punya kekuatan. Kan ada Dede Yusuf, Aher juga pernah menjabat, ada Deddy Mizwar juga, medannya harus dikuasai sejak awal," tuturnya.

Namun ia mengakui, sahabatnya yakni Dede Yusuf dan Rieke Diah Pitaloka bukan sekedar artis biasa. Mereka, kata Dery, mampu mendengarkan aspirasi rakyat dan mempunyai pengalaman banyak dalam berpolitik.

"Dede Yusuf dan Rieke memang ada vokalnya. Beda dengan artis lain, jangan pas duduk enggak ada suaranya, adem ayem saja. Kita sebagai artis kan bisa sesuai dengan bidang kita misalnya kesenian, itu yang kita perjuangkan," tandasnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2427 seconds (0.1#10.140)