Ini modus kejahatan sindikat pencurian mobil rental

Minggu, 03 Maret 2013 - 16:59 WIB
Ini modus kejahatan sindikat pencurian mobil rental
Ini modus kejahatan sindikat pencurian mobil rental
A A A
Sindonews.com - Tim reskrim Polsek Metro Pasar Minggu berhasil membekuk Yul, salah satu pelaku penggelapan mobil rentalan. Dihadapan petugas, Yul mengaku untuk memuluskan aksinya, selalu menggunakan modus yang berbeda.

Menurutnya, salah satu modus yang digunakan adalah dengan berpura-pura meminjam mobil Toyota Avanza warna Silver Metalik, kepada korban TM melalui karyawan berinisial N dan H selama 3 hari.

“Salah satu modusnya berpura-pura sebagai konsumen mobil rentalan,” akunya, Minggu (3/3/2013).

Setelah peminjaman habis, lanjutnya, pelaku berdalih ingin meminta perpanjangan sewa mobil selama 1 minggu. Karena pembayaran sewa lancar, korban pun berhasil diperdaya pelaku, dan meminjamkannya kembali mobil Toyota Avanza warna Hitam Metalik itu.

Kapolsek Pasar Minggu, Kompol Adri Desas Furyanto mengatakan, belakangan diketahui mobil rental milik korban itu, digadai pelaku kepada seseorang berinisial RD yang kini menjadi DPO (Daftar Pencarian Orang) petugas.

"Tersangka selalu membayar sewa, namun setelah 1 bulan berjalan, ternyata sewa tidak dibayar lagi dan mobil tidak dikembalikan," ujarnya.

Dari hasil penyelidikan, diketahui YUL juga meminjam mobil Toyota Innova kepada korban R pemilik rental di Jeruk Purut, Cilandak Timur, Jakarta Selatan. Mobil tersebut diketahui juga telah digadai kepada tersangka RD.

“Merasa ditipu korban kemudian melaporkan kejadian ini ke Mapolsek Pasar Minggu. Setelah melakukan penyelidikan petugas akhirnya meringkus Yul di rumahnya di Komplek Kejagung Pasar Minggu, Jakarta Selatan siang tadi,” kata Kapolsek.

Sampai kini, petugas masih berupaya mengejar pelaku RD yang juga anggota sindikat penggelap mobil rental.

"Barang bukti baru mobil Toyota Avanza thn 2010, warna silver metalic, sedangkan dua lagi, Innova dan Avanza Hitam Metalik masih dalam pencarian," papar Adri
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5108 seconds (0.1#10.140)