Hujan deras, Jakarta digenangi air

Rabu, 06 Februari 2013 - 20:39 WIB
Hujan deras, Jakarta digenangi air
Hujan deras, Jakarta digenangi air
A A A
Sindonews.com - Hujan deras yang terjadi hari ini sejak pukul 16.00 Wib, hingga malam tadi telah menyebabkan genangan di beberapa tempat seperti di Pluit, Sarinah, jl Sabang, depan HI-Mandarin Hotel, Grogol, Taman Sari dan beberapa jalan lainnya di wilayah Jakarta.

“Ini hanya genangan saja,” kata DR. Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB dalam rilisnya, Rabu (6/2/2013).

Dengan kondisi permukaan tanah, lanjutnya, yang ada saat ini. 90 persen air hujan langsung menjadi limpasan permukaan jalan di wilayah Jakarta.

Semua limpasan ini, tidak langsung masuk ke saluran drainase, karena terbatas kapasitasnya drainase perkotaan.

Ia menambahkan, berdasarkan analisis cuaca 5-7 Februari 2013 dari BMKG dilaporkan, adanya tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah barat Sumbar yang menyebabkan peningkatan aktivitas awan-awan hujan di Sumatera bagian Barat, Jawa bagian Barat, Kalimantan bagian Utara, Sulawesi bagian Tengah, Maluku dan Papua.

“Adanya pusaran massa udara akibat adanya tekanan rendah (Eddy) di utara Jakarta, mengakibatkan terbentuknya konvergensi di wilayah tersebut,” terangnya.

Massa udara dari timur Jakarta, kata Sutopo, bergerak menuju Jakarta dan berbelok ke utara mengakibatkan terbentuknya cluster awan di Jakarta dan sekitarnya.

“Diprediksi hujan akan berpeluang terjadi, hingga pagi hari dengan intensitas ringan hingga sedang,” katanya.

Sutopo mengimbau kepada masyarakat, untuk tetap waspada. Kondisi dinamika atmosfer dengan variabilitasnya berpotensi hujan lebat dapat terjadi.

“Info cuaca detil silakan menghubungi BMKG,” imbuhnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5205 seconds (0.1#10.140)