2013, Bekasi bangun 364 posyandu

Rabu, 16 Januari 2013 - 20:46 WIB
2013, Bekasi bangun 364 posyandu
2013, Bekasi bangun 364 posyandu
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, segera pembangunan kantor sekretariat Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) sebanyak 364 unit, yang tersebar di 182 Desa di 23 Kecamatan se-Kabupaten Bekasi.Pembangunan Posyandu itu dianggarkan dari APBD 2013.

"Untuk meningkatkan pelayananan kesehatan masyarakat Bekasi, kami akan membangun dua posyandu di setiap Desa, dengan alokasi anggaran sebesar Rp13,1 miliar," ujar Kabid Aparatur dan Administrasi Bappeda Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi, Rabu (16/1/2013).

Dari 187 desa dan kelurahan mendapat jatah masing-masing dua titik pembangunan sekertariat Posyandu. Tiap titik lokasi, masing-masing dijatah anggaran sekitar Rp35 juta. Jadi, nantinya setiap desa ada dua kantor sekertariat Posyandu.

Selama ini, kata dia, keberadaan Posyandu masih dinilai minim dirasakan masyarakat. Padahal, bagi warga yang tinggal di perkampungan dan jauh dari perkotaan sangat membutuhkan pelayanan kesehatan yang dekat dan cepat. Sehingga, pelayanan kesehatan ditingkatkan.

"Nanti dana untuk pembangunan Posyandu akan dikucurkan langsung ke rekening desa. Untuk teknisnya kita belum tahu persis. Nanti pelaksanaan bisa diserahkan ke kepala desa beserta tokoh masyarakat. Ini salah satu program Bupati," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi A DPRD Kabupaten Bekasi Daeng Muhamad mengatakan, warga yang tinggal jauh dari perkotaan sangat mengandalkan pelayanan kesehatan dari Posyandu dan Puskesmas. Terutama, kata balita masih sangat butuh pelayanan rutin kesehatan.

"Di pemerintahan saat ini harus ada perubahan yang signifikan di sektor pelayanan kesehatan. Apa lagi bupati kita seorang wanita dan dokter yang memahami kesehatan. Masalah kesehatan di Kabupaten Bekasi memang perlu diperhatikan," katanya singkat.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6282 seconds (0.1#10.140)