Plat nopol Jokowi berganti-ganti

Sabtu, 22 Desember 2012 - 11:51 WIB
Plat nopol Jokowi berganti-ganti
Plat nopol Jokowi berganti-ganti
A A A
Sindonews.com - Mobil Land Cruiser dengan harga Rp1,4 miliar yang disediakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk kendaraan dinas Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, ternyata saat ini telah berganti nomor polisi (Nopol). Padahal pada bulan November lalu, nopol mobil dinas (Mobdin) pria yang biasa disapa Jokowi ini memiliki nomor berbeda.

Mobil dinas itu sendiri merupakan kendaraan resmi gubernur DKI dengan mesin besar, dengan type terbaru yang dibeli oleh Pemprov DKI melalui Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) DKI memakai uang APBD tahun 2012 .

Pada bulan November 2012 lalu mobil dinas Land Cruiser Jokowi ini memakai plat nomor polisi B 1120 SMZ, akan tetapi pada bulan Desember kali ini mobil tersebut terlihat memakai plat berbeda dengan nomor polisi B 1961 RFR.

Mobil dinas itu sendiri resmi dibeli Pemprov DKI Jakarta sebelum Jokowi dan Ahok dilantik, pengadaan mobil dinas itu sendiri berada di bawah tanggung jawab Kepala BPKD DKI Jakarta.

Proses pengadaan mobil dinas itu sendiri konon memakan waktu sebulan melalui proses panjang, dan ada proses lelangnya yang memang wajib dilakukan menjelang pergantian gubernur serta wakilnya dan sudah berjalan selama dua periode .

Sebelumnya gubernur DKI Jokowi sendiri kerap menolak pembelian mobil dinas mewah berkekuatan sylinder 4.000 cc tersebut, hal itu disebabkan Jokowi lebih nyaman menaiki mobil Kijang Innova sewaannya yang lebih hemat bbm lantaran hanya berkekuatan mesin 2.000 Cc.

Namun, ketika dikonfirmasi terkait mobil dengan kapasitas besar itu, Jokowi dengan singkat mengatakan, kalau mobil yang sebelumnya dipakai kelihatan mobil pribadi, bukan mobil dinas.

"Mobil kijang itu terkesan seperti mobil pribadi, dan tidak seperti kendaraan dinas pemerintah," katanya, di Senayan, Jakarta, Sabtu (22/12/2012).

Jadi nampaknya saat ini, mantan Wali Kota Solo itu, telah beralih dan menjadi senang memakai mobil dinas Land cruser, ketimbang mobil kijang inova rental yang dulu biasa dipakainya blusukan ke kampung-kampung guna meninjau berbagai daerah di DKI Jakarta.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5021 seconds (0.1#10.140)