BPBD Jakarta janji bangun infrastruktur cegah banjir

Kamis, 20 Desember 2012 - 20:58 WIB
BPBD Jakarta janji bangun infrastruktur cegah banjir
BPBD Jakarta janji bangun infrastruktur cegah banjir
A A A
Sindonews.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyatakan akan melakukan upaya-upaya mencegah datangnya banjir, seperti perbaikan infrastruktur, peninggian tanggul, pembersihan saluran air, dan pengembalian fungsi waduk (retensi).

Menurut Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Arfan Akilie, selain hal-hal tersebut, BPBD akan melakukan pembangunan banjir kanal barat serta normalisasi sungai.

"Pencegahan banjir itu di antaranya pembangunan infrastruktur. Misalnya, dengan pembangunan infrastruktur yang terus meningkat dari 78 titik rawan banjir yang ada sebelumnya, kini menjadi 62 titik," ujar Arfan, di Kantor BPBD, Jalan Merdeka Selatan, Blok F, Jakarta Pusat, Kamis (20/12/2012).

Ada tiga kawasan utama yang menjadi fokus BPBD dalam mengembalikan fungsi kali sebagaimana mestinya. Tiga kali tersebut yaitu kali pesanggrahan, angke dan sunter.

"Kita terus upayakan normalisasi kali untuk pencegahan banjir. Terutama itu kali PAS. Pesanggrahan, Angke dan Sunter," tambahnya.

Berdasarkan datanya, tahun 2012, banjir mengakibatkan sejumlah kerugian. Dari data terakhir, diketahui ada 27 kelurahan yang terendam banjir, yang terdiri dari 66 RW, 4.539 KK, dan 10.962 jiwa. Selain itu juga terdapat sebanyak 1.212 jiwa yang mengungsi.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4307 seconds (0.1#10.140)