Jadi gubernur, Faisal-Biem bangun museum buruh

Rabu, 27 Juni 2012 - 17:54 WIB
Jadi gubernur, Faisal-Biem...
Jadi gubernur, Faisal-Biem bangun museum buruh
A A A
Sindonews.com - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2012 Faisal Basri-Biem Benjamin berencana membangun museum buruh di Jakarta, jika menang dalam perhelatan Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta.

"Kami berencana membangun museum pekerja atau buruh di daerah Cakung atau Cilincing. Museum buruh tersebut, diharapkan dapat memberikan gambaran tentang sulitnya hidup menjadi buruh. Sehingga kemiskinan di Jakarta menjadi sejarah," ujar calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Biem Benjamin di Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (27/6/2012).

Ditambahkan Biem, pola membuat museum itu merupakan cara dirinya dengan Faisal Basri dalam memberantas penyakit masyarakat Jakarta yang masih melekat hingga kini.

"Kami yakin dalam lima tahun ke depan jumlah penduduk miskin akan semakin berkurang. Semakin banyak tema yang kita angkat menjadi tema museum, akan semakin luas juga lapangan pekerjaan yang dibuka," lanjut Biem.

Dalam program revitalisasi itu, Faisal-Biem juga akan menjadikan sebagian besar kawasan Kota Tua sebagai kawasan non-kendaraan, menambah pedestrian, lokasi berdagang untuk kali lima, dan memberi ruang untuk seniman jalanan agar bisa berkembang.

Mantan anggota DPD ini pun mengajak warga Jakarta untuk ramai-ramai mengunjungi bangunan-bangunan bersejarah yang ada di Ibu Kota. Kunjungan itu merupakan bagian dari upaya untuk melestarikan bangunan bersejarah.

Menurut Biem, Inti dari pelestarian bangunan bersejarah itu adalah untuk mengingatkan kembali nilai-nilai sejarah, kebijakan, atau kebaikan yang dapat diambil di masa lalu kepada generasi masa kini dan mendatang.

"Bangunan bersejarah adalah medium dimana nilai-nilai kebaikan masa lalu itu menempel pada tembok, ukiran, gaya bangunan, pintu, taman, patung, dan lain sebagainya. Bila produk-produk sejarah itu hilang, tidak ada lagi medium yang bisa dirasakan, dipegang, dan dilihat," pungkasnya. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0473 seconds (0.1#10.140)