Empat trotoar jadi percontohan

Selasa, 12 Juni 2012 - 08:20 WIB
Empat trotoar jadi percontohan
Empat trotoar jadi percontohan
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mempercantik trotoar di empat ruas jalan Ibu Kota. Empat ruas jalan tersebut, yakni Jalan Cikini, Jalan Kebon Sirih-Ridwan Rais, Jalan Gajah Mada-Hayam Wuruk, dan Jalan Sabang.

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Catharina Suryowati mengatakan, perbaikan trotoar tersebut untuk mempercantik perwajahan Ibu Kota. Selain itu, pihaknya ingin memberikan kenyamanan pada pejalan kaki. "Perbaikan trotoar ini sudah dianggarkan sejak awal 2012, di mana proses lelang sudah dilakukan pada Februari lalu," kata Catharina, di Jakarta, Senin (11/6/2012). Untuk kawasan Jalan Kebon Sirih-Ridwan Rais, perbaikan ditargetkan selesai pada Rabu 21 Juni 2012 mendatang, sementara perbaikan di tiga lokasi lainnya ditargetkan selesai akhir tahun.

Catharina menjelaskan, anggaran penataan trotoar tersebut sebesar Rp18,75 miliar. Jalan Gajah Mada sebesar Rp6 miliar, dan Jalan Hayam Wuruk Rp6 miliar, Jalan Cikini Rp5 miliar, Jalan Sabang sisi utara sebesar Rp750 juta, dan Jalan Kebon Sirih-Jalan Ridwan Rais dialokasikan Rp1 miliar. Lebih lanjut dirinya menjelaskan, trotoar dibangun dengan ketinggian 25 cm dari jalan eksisting. Ini dilakukan untuk mencegah sepeda motor naik ke trotoar yang bisa membahayakan pejalan kaki.

Untuk memudahkan pejalan kaki, di sepanjang trotoar akan dipasang tiang bollard, sehingga sepeda motor tidak bisa naik trotoar. Pihaknya juga menanam pohon di sepanjang trotoar yang membuat sejuk pejalan kaki. "Nanti keempatnya akan menjadi pedestrian percontohan di seluruh pembangunan pedestrian di Jakarta,” ujarnya.

Ahmad Subadri (37), salah seorang pejalan kaki yang ditemui di Jalan Kebon Sirih, menyambut positif terobosan pemprov tersebut. Menurut dia, selama ini hak pejalan kaki dirampas oleh penyerobotan sepeda motor. "Nantinya budaya berjalan kaki diharapkan bisa kembali hidup,” ungkapnya. (lil)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7395 seconds (0.1#10.140)