Puluhan wartawan gelar aksi damai di Bundaran HI

Rabu, 30 Mei 2012 - 11:43 WIB
Puluhan wartawan gelar aksi damai di Bundaran HI
Puluhan wartawan gelar aksi damai di Bundaran HI
A A A
Sindonews.com - Puluhan jurnalis yang tergabung dalam Aksi Koalisi Jurnalis Anti Kekerasan menggelar aksi solidaritas di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta. Mereka memprotes tindak kekerasan terhadap jurnalis oleh oknum Marinir di Padang, Sumatera Barat kemarin.

Mereka membawa kertas-kertas karton yang bertuliskan nada protes. Di antaranya, "Wartawan Bukan Lawan Marinir. Wartawan Bukan Musuh. Only God Save Journalist. Marinir Galau Pukuli Wartawan."

"Koalisi Jurnalis Anti Kekerasan, memprotes keras aksi kekerasan terhadap wartawan yang diduga dilakukan oleh belasan anggota Batalyon Marinir Pertahanan Lantamal II Padang. Hal ini sangat mengancam kebebasan pers dalam meliput semua peristiwa," teriak Andi Lala, salah seorang orator dalam aksinya di Bundaran HI, Jakarta, Rabu (30/5/2012).

Sekedar diketahui, sejumlah jurnalis mendapat perlakuan kasar atau tindak kekerasan dari sejumlah oknum Marinir di Padang, Sumatera Barat kemarin.

Kejadian itu terjadi pada sekitar pukul 16.30 WIB di kawasan Bungus Kota Padang, kemarin. Saat itu para jurnalis sedang liputan penggusuran pondok mesum di sepanjang kawasan Bungus oleh Satpol PP beserta warga Gaung.

Setelah usai penggusuran, puluhan anggota Marinir berpakaian lengkap menghadang jalan raya untuk men-sweeping warga yang ikut merazia warung kelambu di kawasan tersebut. Melihat hal itu, sejumlah jurnalis pun langsung mengambil gambar puluhan Marinir yang sedang menghadang jalan raya.

Ketika itu, beberapa jurnalis dipukuli dan kaset dari kameranya diambil. Saat itu, puluhan Marinir itu pun langsung mengejar para jurnalis dan merusak kamera serta mengambil memori card atau kaset milik jurnalis. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6435 seconds (0.1#10.140)