Polri: Kartu Inafis sangat berguna untuk masyarakat

Rabu, 25 April 2012 - 14:40 WIB
Polri: Kartu Inafis sangat berguna untuk masyarakat
Polri: Kartu Inafis sangat berguna untuk masyarakat
A A A
Sindonews.com - Pihak kepolisian menganggap masyarakat seharusnya merasa bersyukur atas kebijakan mengenai pembuatan kartu Indonesia Automatic Fingerprints Identification System (INAFIS) yang dikeluarkan oleh Polri.

Menurut Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Boy Rafli Amar, dengan dibuatnya kartu identitas tersebut akan membantu masyarakat dan juga pihak kepolisian dalam melakukan identifikasi dan juga sidik jari sewaktu-waktu mereka membutuhkan.

“Masyarakat seharusnya bersyukur dengan pembuatan kartu ini. Ini justru akan memudahkan mereka dalam melakukan identifikasi,“ ujar Boy kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (25/4/2012).

Boy juga mengatakan, keputusan akhirnya kembali kepada masyarakat Indonesia sendiri dalam menyikapi kebijakan yang masih dalam tahap uji coba tersebut. Menurutnya, proses identifikasi merupakan bagian dari tugas dan kewajiban kepolisian untuk melakukan identifikasi kepada masyarakat.

“Kepentingan sidik jari yang ingin kami sampaikan adalah bagian dari ilmu kepolisian dalam rangka melaksanakan tugas pokok fungsi dan peranan terutama dalam konteks penegakan hukum. Ini juga sangat bermanfaat dalam peningkatan pelayanan masyarakat dalam penegakan hukum,“ tegasnya. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5894 seconds (0.1#10.140)