Tim kampanye Cagub DKI diimbau tekan golput

Senin, 16 April 2012 - 20:40 WIB
Tim kampanye Cagub DKI diimbau tekan golput
Tim kampanye Cagub DKI diimbau tekan golput
A A A
Sindonews.com - Anggota Tim Asistensi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pramono menghimbau kepada tiap tim kampanye bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2012 untuk menekan angka golput.

"Penting juga untuk dihimbau bahwa tim kampanye itu sejak awal ikut dalam proses sosialisasi, mendorong pengurus ditingkat bawah dan konstituen aktif dalam proses pemutahiran daftar pemilih. Itu sangat penting sekali," ujarnya di Hotel Grand Menteng, Matraman, Jakarta Timur, Senin (16/4/2012).

Akan tetapi, dia menjelaskan bahwa sebenarnya pemutahiran data pemilih dengan golput tak berkorelasi secara langsung. Karena, lanjut dia, golput disebabkan bermacam hal.

"Ada golput sifatnya sangat teknis. Misalnya ketika hari pemungutan suara, ternyata tak bisa hadir karena ibunya sakit, sehingga harus menunggu di rumah sakit. Atau ketika pemungutan suara, ternyata hujan deras. Sehingga tak bisa keluar rumah. Itu sangat banyak sekali," imbuhnya.

Yang kedua, sambung dia, golput karena masalah administratif, yang hampir dipastikan warga tak hadir pada hari pemungutan suara.

"Ketiga, problem politik. Yang menjadi sangat penting dari Panwaslu, KPU DKi, Parpol. Dimana memberi kesadaran sepenuhnya untuk memberikan hak pilihnya," pungkasnya. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8350 seconds (0.1#10.140)