Kapolda apresiasi pelestarian budaya ludruk

Minggu, 08 April 2012 - 20:09 WIB
Kapolda apresiasi pelestarian budaya ludruk
Kapolda apresiasi pelestarian budaya ludruk
A A A
Sindonews.com - Hampir di seluruh wilayah Indonesia mempunyai kesenian tradisional yang khas yang menjadi identitas dan jati diri dari masyarakatnya.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Untung S Rajab mengatakan, kekayaan budaya tradisional harus dilestarikan dengan diwariskan pada generasi Muda.

"Demikian juga kesenian tradisional ludruk merupakan kekayaan budaya Jawa Timur. Sekaligus kekayaan bangsa yang mempunyai nilai amat tinggi. Mengingat kesenian tradisional itu kekayaan daerah, maka kekayaan itu harus dilestarikan dan diwariskan pada generasi muda," ujar Untung dalam konferensi pers di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Minggu (8/4/2012).

Budaya tradisional, lanjut Untung, harus ditanamkan pada generasi muda supaya budaya ludruk tetap lestari sebagai budaya kebanggaan Bangsa ini.

"Sub-sub budaya kalau tidak dipelihara, hilang. Mungkin anak saya tidak tahu. Mumpung ada yang tua-tua ini, ada keinginan untuk memelihara budaya, makanya saya terjun," tandasnya.

Untung menjelaskan, ketika ditawari untuk bergabung dengan Ludruk Kartolo Cs, dia langsung mengamini permintaan para seniman asal Jawa Timur tersebut.

"Ketika saya ditawari saya mau saja. Saya ingin hidup dalam kehidupan yang lain selain bertugas menjadi Kapolda," paparnya.

Untung menegaskan, tidak ada maksud lain selain ingin melestarikan budaya ludruk, apalagi motif politik. "Enggak ada motivasi politik. Politik sudah tiap hari," ujar Untung tegas.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5418 seconds (0.1#10.140)