Peluang calon independen kecil

Minggu, 04 Maret 2012 - 17:16 WIB
Peluang calon independen kecil
Peluang calon independen kecil
A A A
Sindonews.com - Calon Gubernur (Cagub) diusung Partai Politik (parpol) peluangnya lebih besar ketimbang cagub dari jalur independen. Terlebih jika cagub itu bukan seorang birokrat.

Sosiolog dari Universitas Indonesia Tamrin Amal Tomagola mengatkan, Pilgub 2012 ini peluang calon independen untuk meraih kemenangan masih sangat kecil.

"Kecil peluangnya. Faisal Basri, secara obyektif saya katakan dia sangat baik sebagai akademisi dan analis. Tetapi kemampuan sebagai birokrat belum teruji," katanya.

Menurutnya, pengalaman sebagai seorang birokrat sangatlah penting untuk bisa menjalankan roda pemerintahan dengan baik.

Selain itu, kata Tamrin jika nanti salah satu pasangan calon independen itu menang dan menduduki jabatan sebagai Gubernur, maka akan muncul masalah baru.

"Bisa saja mereka tidak dapat bekerjasama dengan baik dengan legislatif, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Karena di DPRD itu kan orang partai semua, tidak ada yang independen. Fauzi Bowo saja yang didukung partai koalisi pada waktu Pilgub DKI yang lalu saja sering misskomunikasi dengan DPRD," ujar Tamrin.

"Jadi Gubernur DKI Jakarta kedepannya selain mempunyai visi dan misi yang baik bagi warganya,juga harus punya bargain position yang kuat di partai politik," imbuhnya.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4625 seconds (0.1#10.140)