Ruang publik tak terjaga, kejahatan meningkat

Jum'at, 27 Januari 2012 - 13:04 WIB
Ruang publik tak terjaga, kejahatan meningkat
Ruang publik tak terjaga, kejahatan meningkat
A A A
Sindonews.com – Masalah kejahatan di ruang publik seharusnya menjadi sorotan pemerintah. Hingga kini, masih banyak ruang-ruang publik yang tidak terjaga di kota besar sehingga aksi kriminalitas sulit diberantas.
Kriminolog Universitas Indonesia (UI) Adrianus Meliala mengatakan, masalah kejahatan di perkotaan menunjukan peningkatan jika dilihat secara khusus. Kejahatan dalam hal kekerasan menurut Adrianus kadang terkesan melakukan pembiaran.

“Lihat saja jika ada ormas beratribut agama dan berbuat kekerasan, aparat di lapangan malah cenderung mengabaikan. Akibatnya, masyarakat melakukan atribut agamis yang melakukan pengrusakan semakin banyak,” ujar Adrianus saat talk show di Dewan Perwailan Daerah (DPD) RI dengan topik 'Bila Negara Gagal Melindungi Warganya' di pressroom DPD RI, Senayan, Jakarta, Jumat (27/1/2012).

Kejahatan jalanan di perkotaan juga menjadi faktor meningkatnya angka kriminalitas. Ini terjadi akibat ruang publik yang tak terjaga.

"Jadi ketika kota menjadi besar atau megapolitan, jadi banyak ruang-ruang kota yang tak terjaga. Kekerasan dan kejahatan akan berkembang di sana. Inilah yang harus disikapi," ungkapnya.(azh)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2247 seconds (0.1#10.140)