Jalan berlobang timbulkan kemacetan hingga 7 KM

Senin, 09 Januari 2012 - 10:58 WIB
Jalan berlobang timbulkan...
Jalan berlobang timbulkan kemacetan hingga 7 KM
A A A
Sindonews.com - Petugas Direktorat Lalulintas Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Ditlantas Polda Metro Jaya) mengimbau pengendara dan pengguna jalan lainnya, agar mewaspadai ruas jalan berlubang dan rusak saat musim hujan, karena berpotensi terjadi kecelakaan yang mengakibatkan kematian.

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Wahyono mengatakan, petugas Ditlantas Polda Metro Jaya secara rutin setiap hari mensurvei kondisi ruas jalan yang rusak dan rawan terjadi kecelakaan. Petugas juga memeriksa kondisi mereka jalan dan rambu-rambu, serta badan jalan yang licin saat masuk musim penghujan.

"Data Ditlantas Polda Metro Jaya menunjukkan faktor kondisi jalanan bergelombang yang menyebabkan kecelakaan lalulintas mendominasi. Tahun 2010 sebanyak 50 kecelakaan dan pada 2011 sekitar 49 kecelakaan," ujar Wahono di Jakarta, Senin (9/1/2012) di Jakarta, Senin (9/1/2012) di Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya.

Menurutnya, Polda Metro Jaya mencatat jumlah lokasi jalan rusak mencapai 1.000 titik di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Jalan rusak tersebut ada di hampir titik-titik vital jalan ibu kota.

"Kami selalu imbau agar selalu berhati-hati, karena banyak jalan rusak dan berlubang," ucap Wahono.

Dia mengatakan, data operator Traffic Management Centre (TMC), akibat kondisi jalan- jalan berlubang tersebut, membuat para pengguna jalan mengurangi laju kendaraannya. Sehingga kemacetan pun tak terhindarkan karena lajur tersebut tidak bisa dilintasi kendaraan.

"Bahkan kemacetan di jam-jam sibuk akibat jalan berlubang, bisa mencapai 7 kilometer," ucap Wahono.

Wahono menambahkan, polisi lalulintas berupaya mengatur dan mengantisipasi kendaraan, yang terjebak macet akibat jalan berlubang. Bahkan petugas selalu mengurai keadaan lalulintas jika di satu titik jalan mengalami kemacetan panjang.

“Bagi pengendara yang terjebak kemacetan agar lebih bersabar dan tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas, untuk pengguna jalan untuk mencari jalan alternatif lain agar terhindar dari macet dan tidak terjadi penumpukan kendaraan,” kata Wahono. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1141 seconds (0.1#10.140)