Musim penghujan, waspadai DBD dan chikungunya

Senin, 09 Januari 2012 - 09:57 WIB
Musim penghujan, waspadai DBD dan chikungunya
Musim penghujan, waspadai DBD dan chikungunya
A A A
Sindonews.com-Musim penghujan harus diwaspadai masyarakat akan kemungkinan terjadi banjir. Banjir atau genangan dapat memicu timbulnya penyebaran penyakit seperti demam berdarah (DBD) atau chikungunya.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Dien Emmawati mengatakan, warga Jakarta harus mewaspadai musim penghujan ini. ”Dari sisi kesehatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) harus terus digalakkan. Musim hujan dapat saja menimbulkan genangan air di mana-mana,” kata Dien kemarin.

Pola pemberantasan sarang nyamuk ini harus dilakukan setiap minggu. ”Dengan gencarnya PSN, angka kasus penyakit demam berdarah dengue (DBD) dapat ditekan,” tuturnya.

Salah satu cara antisipasi penyebaran DBD dan chikungunya adalah melakukan fogging di tempat-tempat kemungkinan ada tempat bersarang nyamuk. ”Kalau ada banyak nyamuk di kompleks perumahan, harus diberantas dengan cara fogging,”tandasnya.

Sedangkan Dinas Pendidikan DKI Jakarta memberikan peringatan dini di seluruh sekolah. Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudhi Mulyanto mengatakan, melalui sistem peringatan dini ini pihaknya berharap seluruh manajemen sekolah di Ibu Kota ikut mewaspadai segala kemungkinan bencana, termasuk banjir dan penyebaran penyakit.

”Pergantian musim ini harus disikapi semua pihak.Karena bencana tidak dapat diketahui terjadinya dan melanda siapa. Sekolah pun kita upayakan untuk ikut mewaspadai musim penghujan ini,” kata TaufikYudhi Mulyanto.

Salah satu bentuk antisipasi itu dengan cara melakukan kerja bakti pembersihan di kawasan sekolah. Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Disdik DKI Jakarta Didi Sugandhi menambahkan, aksi bersih dengan kerja bakti untuk mewaspadai tempat bertelurnya nyamuk aedes aegypti.

”Seluruh sekolah kita instruksikan untuk memantau kebersihan, kesehatan lingkungan, serta memperhatikan saluran serta drainase agar jalannya air lancar dan tidak tersumbat,” tandasnya.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8079 seconds (0.1#10.140)