Survei internal Parpol jadi acuan

Selasa, 03 Januari 2012 - 07:36 WIB
Survei internal Parpol jadi acuan
Survei internal Parpol jadi acuan
A A A
Sindonews.com– Sejumlah Partai politik (Parpol) melakukan survei internal untuk penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) DKI Jakarta 2012.

Tak terkecuali Parpol kecil seperti Partai Hanura, Partai Gerindra, dan Partai Amanat Nasional (PAN). Ketiga Parpol tersebut harus berkoalisi dengan Parpol lain, karena belum memenuhi persyaratan.

Partai Hanura dan PAN masing-masing memiliki empat kursi DPRD DKI Jakarta, sedangkan Partai Gerindra memiliki lima kursi. Sementara syarat pengajuan pasangan calon adalah minimal 15 kursi (15%).

Ketua DPD Partai Hanura DKI Jakarta Ongen Sangaji mengatakan, sejauh ini calon yang akan diusung belum spesifik. Pihaknya masih melakukan seleksi untuk mengukur kemampuan para kandidat.

Secara umum, Partai Hanura menginginkan kandidat yang mendengarkan aspirasi rakyat. “Survei internal dilakukan, nanti Januari akan diumumkan calon yang akan diusung Hanura,”kata Ongen, Jakarta, Senin, 2 Januari 2012.

Menurut dia, calon gubernur yang akan diusung harus memiliki kemampuan untuk mengatasi kompleksitas persoalan Jakarta. Hal utama adalah bisa mencari solusi guna mengatasi banjir dan macet.

Ketua Umum DPP Partai Gerindra Suhardi mengaku masih melakukan kajian terhadap sejumlah nama yang akan diusung dalam Pemilukada DKI 2012. Kriteria utama yang harus dimiliki pasangan calon adalah integritas, intelektualitas, dan tegas.“Persoalan DKI Jakarta tidak bisa dianggap remeh. Butuh pemimpin yang memiliki sikap tegas,”terangnya.

Sementara itu,Ketua DPW PAN DKI Andi Anshar mengungkapkan hingga kini telah melakukan pendekatan dengan sejumlah figur kandidat. Hanya, belum dipastikan para kandidat akan mendaftarkan diri atau tidak.“Beberapa kandidat telah membangun komunikasi dengan kami,”ujar Andi Anshar.

Beberapa nama yang telah menjalin komunikasi politik dengan DPW PAN DKI, yakni Hasnaeni,Tantowi Yahya,Nono Sampono, Prijanto, dan Nachrowi Ramli. Sementara figur dari internal di antaranya Andi Anshar dan Wanda Hamidah.

Wakil Ketua DPW PAN DKI Sugiyanto menegaskan, upaya membangun soliditas di internal partai terus dilaksanakan. Mesin politik hingga tingkat bawah telah dilakukan untuk menghangatkan Pemilukada.

Walaupun sudah ada kandidat yang berkomunikasi dengan PAN DKI, banyak kader yang menghendaki Andi Anshar maju dalam Pilkada 2012. “Dukungan kader sangat kuat ke Ketua DPW PAN DKI. Kalaupun ada calon lainnya,kami tak tahu keinginan siapa,” tukas Sugiyanto.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7174 seconds (0.1#10.140)