alexametrics

Hujan Bansos di Jabodetabek, 2 Paket Sembako Meluncur Bulan Ini

loading...
Hujan Bansos di Jabodetabek, 2 Paket Sembako Meluncur Bulan Ini
Hujan Bansos di Jabodetabek, 2 Paket Sembako Meluncur Bulan Ini
A+ A-
JAKARTA - Pemerintah memutuskan untuk menyalurkan sejumlah bantuan sosial (bansos) berupa sembako di wilayah Jabodetabek. Langkah ini sebagai antisipasi dampak adanya penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Kami akan memberikan bansos khusus berupa sembako, bansos khusus presiden dengan durasi selama tiga bulan yang akan kami mulai dua minggu dari sekarang," kata Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara di Jakarta, Selasa (7/4/2020). (Baca juga: Tunggu Perkembangan PSBB DKI, Kota Bekasi Pertimbangkan PSBB di Wilayahnya)



Wilayah Jabodetabek yang dimaksud antara lain DKI Jakarta, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Tangerang. Dia mengatakan, besaran indeks sembako yang akan diberikan adalah sebesar Rp600.000.

"Jadi saya ulang akan ada bansos khusus dari presiden untukk Jabodetabek yaitu paket sembako dengan nilai Rp600.000 per keluarga. Durasi 3 bulan, dan akan dimulai untuk bulan ini," ujarnya. (Baca juga:

Terkait penerima, Juliari mengatakan akan menggunakan data terpadu yang dimiliki Kementerian Sosial (Kemensos). Termasuk juga data-data masukan dari Pemda. "Saat ini kami sudah memegang data masukan dari Pemda DKI, baru kemarin kami terima," ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, ada bansos sembako lain yang akan dikucurkan pemerintah pusat. Bansos sembako ini diberikan pemerintah untuk menunggu bansos khusu presiden dibagikan. (Baca juga: Efek Pandemi Corona, Ratusan Karyawan Ramayana Depok Terancam Di-PHK)



"Kemensos akan mendistribusikan mulai besok 200 ribu paket sembako dengan indeks Rp200 ribu. Jadi paket sembako ini bansos khusus ini untuk menunggu kekosongan sampai dengan bansos yang dari presiden untuk wilayah Jabodetabek tadi," tuturnya.

Sementara itu Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, jumlah pemerintah bansos sembako khusus akan diberikan kepada 4,1 juta penerima. Dimana 2,5 juta di DKI Jakarta dan sisanya di wilayah Bodetabek. (Baca juga: Status PSBB, Pemprov DKI Bakal Batasi Kendaraan Pribadi)

"Jadi keseluruhanan Jabodetabek adalah 2,5 juta plus 1,6 juta jiwa. Kalau dikonversi menjadi keluarga 1,7 keluarga. Ini yang akan mendapat bantuan sembako sebagaimana arahan bapak presiden Rp600.000 per keluarga per bulan untuk 3 bulan," ujarnya.
(mhd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak